ANOA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik
Vol 1 No 02 (2023): Edisi Juni Tahun 2023 ANOA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik

Sosialisasi Peran Perencana Sipil Dalam Pembangunan di Desa Tambea Kabupaten Kolaka

Muhammad Buttomi Masgode (1Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Arman Hidayat (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Fathur Rahman Rustan (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Retno Puspaningtyas (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Mursalim Ninoy La Ola (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Bagus Eko Prasetyo (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Arya Dirgantara (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Al Tafakur La Ode (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Dalam sebuah pembangunan konstruksi, peranan dari seorang perencana sipil sangat penting keberadaannya didalam dunia konstruksi dikenal dengan nama konsultan. Konsultan sendiri terdiri dari dua bagian yakni konsultan perencana dan konsultan pengawas. Ada juga yang menambahkan menjadi tiga yakni konsultan manajemen konstruksi. Tujuan dari sosialisasi ini ialah memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Tambea tentang pentingnya sebuah perencanaan dalam pembangunan dibidang konstruksi. Agar bangunan yang dikerjakan sesuai dengan standar yang ada. Untuk mencapai hal tersebut maka metode yang digunakan dalam pengabdian ini yakni metode seminar/sosialiasi yang mana pemateri memberikan ceramah singkat sesuai tema yang ada yang selanjutnya peserta dapat melakukan interaksi dalam bentuk tanya jawab. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yakni adanya keinginan kedua belah pihak yakni pihak Prodi Teknik Sipil Univ. Sembilanbelas November Kolaka dan Pihak Desa Tambea untuk sama-sama melakukan pendampingan dalam bidang keteknikan sipil pada proses perencanaan pembangunan Desa Tambea kedepannya. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini yakni teredukasinya masyarakat Desa Tambea Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara sehingga mereka memiliki kesadaran dan pemahaman betapa pentingnya sebuah perencanaan dalam proses pembangunan baik skala besar maupun skala kecil di Desa Tambea.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

anoa

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Mechanical Engineering Social Sciences

Description

Fokus dan Ruang Lingkup ANOA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik UM Kendari merupakan media publikasi jurnal pengabdian masyarakat bagi dosen, mahasiswa, dan praktisi yang menaruh minat serta perhatian pada pengembangan IPTEK bagi Masyarakat Lokal dan Nasional, meliputi: (1) Sosialisasi ...