Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2023): November

Implementasi Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Pancasila Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang

Rova Rosida (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Suparno Suparno (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Penelitian tentang Implementasi Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Pancasila di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang : (1) mengetahui bentuk implementasi kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan pendidikan moral Pancasila (2) mengetahui kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan untuk menumbuhkan nilai moral Pancasila terhadap siswa (3) kegiatan ekstrakurikuler mencerminkan nilai  moral Pancasila dalam pelaksanaannya maupun manfaat positif yang diperoleh oleh siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data reduction, display, verification. Berdasarkan hasil penelitian implementasi ekstrakurikuler dalam meningkatkan pendidikan moral Pancasila adapun aspek moral yang diperoleh oleh siswa  meliputi : Badan Dakwah Islam mengajarkan nilai religius kepada ketuhanan Yang Maha Esa, Palang Merah Remaja menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, volly mengembangkan sikap persatuan dan kesatuan Bhineka Tunggal Ika, paskibra wawasan kebangsaan dan pramuka mengembangkan sikap gotong royong. Disimpulkan bahwa implementasi ekstrakurikuler guna meningkatkan pendidikan moral Pancasila sangat berpengaruh bagi generasi penerus bangsa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

melior

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi ...