Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2023): November

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Septian Rizki Berliana (Universitas Pasundan)
Dadang Mulyana (Universitas Pasundan)
Cahyono Cahyono (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah platform media sosial TikTok efektif dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan. Teknik yang digunakan adalah perbandingan kuantitatif hingga eksperimen semu. Sampel yang digunakan untuk purposeful sampling adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner dan wawancara yang dilakukan dengan tes evaluasi. Hasil analisis data meliputi dari teknik seperti analisis uji normalitas, analisis homogenitas uji, uji regresi linear sederhana, dan yang terbaru adalah uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan hipotesis UJI menggunakan UJI t menunjukkan nilai t hitung 9,882 > t tabel 2,035 maka penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan nilai R square 0,865 x 100 = yang jika dibulatkan maka hasilnya 87%. Maka disimpulkan bahwa terdapat 87% pengaruh variabel bebas (pengaruh penggunaan media sosial TikTok) terhadap variabel terikat (hasil belajar peserta didik) serta 13% dipengaruhi faktor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

melior

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi ...