Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn satu orang dan siswa SMK PGRI III Salatiga 15 orang.Teknik Analisa Data penelitian ini melalui tiga tahapan, yaitu melalui kategori data, interprestasi data, dan tahap pengambilan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran pendidikan kewarganegaraan telah sesuai dengan indikator pendidikan kewarganegaraan yaitu sudah mengajarkan tentang sikap, sopan santun, nilai-nilai moral dalam masyarakat dan nilai tingkah laku.Berdasarkan hasil analisis 90% siswa telah diajarkan nilai sikap dengan guru dan sudah mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti memperoleh keterangan bahwa dalam pembelajaran guru mata pelajaran PKn telah menggunakan berbagai upaya siswa dapat bertingkah laku baik dan dapat terhindar dari perilaku menyimpang. Dan dari hasil observasi siswa memiliki tingkah laku yang baik.Dalam materi pemberlajaran sebaiknya guru selalu mengajarkan sikap kepada siswa walaupun dalam materi pembelajarannya tentang sikap yang diperlukan dalam kehidupan di masyarakat. Selalu memperhatikan siswa agar mereka merasa senang dan bersemangat saat pembelajaran dan guru harus selalu memberikan pembelajaran yang menarik agar siswa mudah untuk menerima penjelasan saat pembelajaran
Copyrights © 2018