ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain


Strategi Komunikasi Hisqie Furqoni dalam Upaya Mengenalkan Identitas Virtual Higot di Dalam Youtube

Achwan Noorlistyo Adi (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Shinta Hartini Putri (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Nisa Lathifah (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Ari Usman (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Zulfanida Nurul Sadiyyah (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Terbentuknya identitas virtual yang dibuat oleh YouTuber menunjukan bahwa mereka memiliki kreatifitas yang tinggi. Identitas virtual menjadi menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi penoton. Salah satu YouTuber yang membuat identitas virtual adalah Hisqie Furqoni, pemilik akun Gak Penting Sih Channel. Hisqie menciptakan 6 identitas virtual yang selalu muncul bergantian setiap seasonnya. Salah satu identitas yang menarik untuk diteliti adalah Higot atua Hisqie Jenggot, yang terbentuk karena adanya keresahan tentang “Pria Sejati” yang berangkat dari adanya stigma di masyarakat bahwa laki-laki tidak keren kalua tidak merokok. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi yang dilakukan Hisqie dalam mengenalkan identitas Higot di dalam Gak Penting Sih Channel dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mandalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan untuk Higot yaitu ditampilkan dalam segmen Ini Penting Sih yang selalu membahas mengenai keresahan-keresahan seputar stigma masyarakat mengenai sosok laki-laki itu harus selalu kuat dan hebat. Pesannya adalah pesan hiburan dan sarkas. Higot muncul dengan tagline “Pria Sejati”. Faktor pendukung Higot adalah motivasi diri, orang tua, teman, dan momen, sedangkan faktor penghambat adalah kemampuan acting, keuangan, dan kendala selama pra dan pasca produksi. Evaluasi yang dilakukan oleh Hisqie berdasarkan feedback dari penonton setianya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ArtComm

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain sebagai media untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan Desain, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Ilmu Komunikasi, Studi Media, Komunikasi Massa dan Jurnalisme, Strategi Komunikasi, ...