Lunggi Journal
Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIIIC DI MTS N 3 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nur’aini Nur’aini (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)
Hifza Hifza (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)
Saripah Saripah (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

penelitian ini membahas tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran fikih kelas VIIIC di MTs N 3 Sambas tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian memiliki tiga tujuan yaitu: 1) Untuk menganalisis keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC di MTs N 3 Sambas tahun pelajaran 2021/2022; 2) Untuk menganalisis keterampilan guru dalam mengendalikan kondisi belajar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC di MTs N 3 Sambas tahun pelajaran 2021/2022; dan 3) Untuk mengetahui implikasi keterampilan pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC di MTs N 3 Sambas tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkann bahwa; (1) Keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC di antaranya sikap tanggap, membagi perhatian, dan pemusatan perhatian peserta didik. (2) Keterampilan guru dalam mengendalikan kondisi belajar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC yaitu modifikasi perilaku, pendekatan pemecahan masalah kelompok, dan menemukan dan memecahkan perilaku yang menumbulkan masalah. (3) Implikasi keterampilan pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC memengaruhi hasil belajar, minat belajar, iklim belajar, kedisiplinan, dan rasa hormat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...