Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2022)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 2 ULUNAMBO KABUPATEN MOROWALI

Sriastuti (Universitas Halu Oleo)
I Ketut Suardika (Universitas Halu Oleo)
Nana Sumarna (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Ulunambo Kabupaten Morowali ialah tujuan dari penelitian ini dilakukan. Bentuk penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas, dan melibatkan dua siklus. Dua belas siswa dari kelas V SD Negeri 2 Ulunambo menjadi peserta penelitian. Pendekatan analisis data kuantitatif serta teknik analisis data kualitatif digunakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada hasil belajar siklus ketuntasan siklus mencapai 58,33%, dengan nilai rata-rata 67,08%. Dengan skor rata-rata 78,16%, tujuan belajar siswa siklus II tuntas 100%. Berdasarkan temuan di atas, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SD Negeri 2 Ulunambo Kabupaten Morowali dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar merupakan sistem jurnal terbuka yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo sejak tahun 2017. Journal of Basication (JOB): Jurnal ...