Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 3 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV

Kasnianti (Universitas Halu Oleo)
Muhamad Abas (Universitas Halu Oleo)
La Ode Safiun Arihi (Universitas Halu Oleo)
I Ketut Suardika (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Team Assisted Iindividual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada subtema 1 jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SDN 33 Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian ini disebut sebagai penelitian eksperimen karena penelitian eksperimen digunakan apabila peneliti ingin mengetahui pengaruh sebab dan akibat antara variabel independen dan variabel dependen dan desain penelitian ini Pre-Experimental Design (Nondesign) dalam bentuk One-Group Pretest-Posstest Design. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Team Assisted Individual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada subtema 1 jenis-jenis Pekerjaan dengan menggunakan uji-t satu sampel (One Sample Test) pada taraf signifikansi 95% menunjukkan nilai thitung 5,137 > nilai ttabel 2,045 dengan nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0.05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar merupakan sistem jurnal terbuka yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo sejak tahun 2017. Journal of Basication (JOB): Jurnal ...