Sainteks
Vol 20, No 1 (2023): April

Respon Reproduksi dan Pertumbuhan Ikan Nilem (Osteochilus vittatus) yang Diberikan Pakan Suplementasi Tepung Spirulina (Spirulina platensis)

Muhammad Azharul Rijal (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Susanto Susanto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Iqna Minhatul Izzah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Ikan nilem (Osteochilus vittatus) merupakan salah satu ikan endemik Indonesia yang banyak digemari masyarakat, namun reproduksi dan pertumbuhan ikan nilem relatif lambat oleh karena itu diperlukan bahan pendukung untuk meningkatkan reproduksi dan pertumbuhan. Bahan pendukung yang digunakan adalah tepung spirulina (Spirulina platensis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan dosis optimal penambahan Spirulina platensis dalam meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi benih ikan nilem. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-April 2022, di laboratorium basah Akuakultur dan laboratorium Zoologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Parameter yang diamati meliputi Gonadal Somatic Index (GSI), Visera Somatic Index (VSI), Hepato Somatic Index (HSI), Tingkat Kematangan Gonad (TKG) dan pertumbuhan (pertambahan panjang dan berat mutlak). Data respon  reproduksi ikan dianalisis dengan menggunakan analisis variansi ANOVA dengan tingkat kepercayaan 95%  dilanjutkan dengan uji lanjut dengan uji Duncan pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan Penambahan tepung spirulina (Spirulina platensis) pada pakan ikan nilem (Osteochilus vittatus) memberikan pengaruh nyata pada nilai VSI, kemudian memberikan pengaruh berbeda nyata pada parameter pertumbuhan (berat) dengan dosis optimum pada perlakuan P1 (20g/kg). Hal ini menunjukkan penambahan tepung spirulina pada pakan berpotensi meningkatkan nilai VSI dan pertumbuhan ikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sainteks

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mechanical Engineering Medicine & Pharmacology

Description

Sainteks adalah jurnal yang menyajikan artikel hasil pemikiran dan penelitian di bidang sains dan teknologi. Sainteks merupakan jurnal peer reviewed dan open access. Sainteks diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sainteks mengundang para ...