Sainteks
Vol 20, No 1 (2023): April

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Jamsostek Mobile Online (JMO) dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Dewi Lusiana (Universitas Muhammadiyah Jember)
Aji Brahma Nugroho (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Aplikasi Jamsostek Mobile Online (JMO) sangat bermanfaat bagi penggunanya, karena memudahkan penggunanya penggunanya untuk  pelaporan kecelakaan kerja juga peserta bisa mengajukan klaim Jaminan Hari Tua  (JHT) kapanpun dan dimanapun tanpa perlu mengunggah dokumen. Awalnya sebelum ada JMO peserta harus ke kantor Jamsostek, dengan adanya aplikasi JMO sangat memudahkan penggunanya, tidak perlu mengantri dan tidak keluar biaya transportasi, serta hemat waktu. Penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile Online (JMO) menimbulkan reaksi pada diri pengguna atau pemakainya, yaitu berupa penerimaan maupun penolakan. Dalam penelitian ini digunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) untuk mengetahui tingkat penerimaan pengguna terhadap suatu sistem informasi. Tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi JMO berbasis android dengan menggunakan model UTAUT dijelaskan dengan deskripsi variabel penelitian antara lain Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), Facilitating Conditions (FC) dan Use Behavior (UB). Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling pada 100 responden yang telah menggunakan JMO berbasis android. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa PE (Performance Expectancy) berpengaruh signifikan terhadap BI (Behavioural Intentions) dengan nilai koefisien sebesar 0,364 dan nilai C.R. 3,017. EE (Effort Expectancy) berpengaruh signifikan terhadap BI (Behavioural Intentions) dengan nilai koefisien sebesar 0,201 dan nilai C.R. 2,192. SI (Social Influence) berpengaruh signifikan terhadap BI (Behavioural Intentions) dengan nilai koefisien sebesar 0,282 dan nilai C.R. 2,607. FC (Faciliating Conditions) signifikan terhadap BI (Behavioural Intentions) dengan nilai koefisien sebesar 0,246 dan nilai C.R. 2,729.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sainteks

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mechanical Engineering Medicine & Pharmacology

Description

Sainteks adalah jurnal yang menyajikan artikel hasil pemikiran dan penelitian di bidang sains dan teknologi. Sainteks merupakan jurnal peer reviewed dan open access. Sainteks diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sainteks mengundang para ...