Vlog pembelajaran matematika dengan konteks ibadah dalam materi himpunan sangat diperlukan dalam pembelajaran di era new norma. Penelitian bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa vlog pembelajaran yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Tessmer dengan tahapan: tahap preliminary (tahap persiapan, tahap pendesainan materi) dan tahap formative evaluation (self evalution, expert review, one-to-one, revisi, small group, revisi, dan field test). Validasi produk meliputi validasi agama, materi dan media. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket, dan tes soal. Hasil penelitian yaitu memperoleh hasil 83% untuk kevalidan, 85% kepraktisan, dan 87% untuk efek potensial. Kesimpulan hasil penelitian adalah vlog pembelajaran dengan konteks ibadah islam dalam materi himpunan dinyatakan valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Vlog Pembelajaran Matematika, Himpunan, Konteks Ibadah Islam
Copyrights © 2023