Penelitian ini menggunakan metode deskriptif bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT-UNM. Data dikumpulkan melalui Survey dan wawancara kepada mahasiswa yang telah atau sedang mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebanyak 37 mahasiswa. Survei digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang persepsi mahasiswa terhadap fleksibilitas, manfaat, kualitas dukungan akademik, peningkatan keterampilan dan kompetensi, serta partsipasi dalam kegiatan diluar kampus pada program MBKM, sementara wawancara memberikan data kualitatif untuk mendalami pemahaman dan pandangan mereka secara lebih mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program MBKM mendapatkan respons positif dari mahasiswa dalam hal fleksibilitas, manfaat akademik, kualitas dukungan akademik, peningkatan keterampilan dan kompetensi, serta partisipasi dalam kegiatan di luar kampus
Copyrights © 2023