cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
semnasdies_62@unm.ac.id
Editorial Address
Jalan A P Pettarani Gunungsari
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Negeri Makassar
ISSN : -     EISSN : 30251591     DOI : -
Proceedings of the 62nd Anniversary National Seminar published by Makassar State University (UNM) with the theme is "The Role of Education Based on Information & Communication Technology Literacy in Advancing Human Resources in the Era of Society 5.0". The proceedings of this seminar are peer-reviewed proceedings that contain scientific articles from disciplines, namely: (1) The Role and Challenges of Inclusive Education, (2) Artificial Intelligence in Education, (3) Digital Entrepreneurship, (4) The Role of AI in Architecture, (5) Law Enforcement Challenges & Opportunities, (6) Implementation of the TaRL (Teaching at the Right Level) and CRT (Culturally Responsive Teaching) Independent Curriculum and other fields. The articles published in this proceeding include original scientific research results, new scientific review articles. This journal covers, but is not limited to the following areas: 1. Peran dan Tantangan Pendidikan Inklusi 2. Artificial Inteligence Pada Dunia Pendidikan 3. Digital Enterprenuership 4. Peran AI Dalam Dunia Arsitektur 5. Model Pembelajaran 6. Perkembangan AI dalam Teknologi Rekayasa 7. Penguatan Modal Sosial 8. Tantangan & Peluang Penegakan Hukum 9. Implementasi Kurikulum Merdeka TaRL (Teaching at The Right Level) dan CRT (Culturally Respons Teaching) 10. Literasi Kebugaran Jasmani
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 91 Documents
HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN KEMAMPUAN ATENSI PADA SISWA SMA NEGERI 3 ENREKANG KABUPATEN ENREKANG Reza Mahyuddin; Syahrul Darwis; Nurul Musfira
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat kebugaran jasmani yang baik perlu didukung oleh beberapa faktor antara lain adalah kegiatan badan atau olahraga yang dilakukan secara teratur, maka pembangunan di tanah air kita tekankan kepada pembangunan sumber daya manusia seutuhnya yaitu manusia yang sehat jasmani, rohani, mental serta memiliki kecerdasan dan keterampilan. Karena itu, pendidikan jasmani perlu semakin ditingkatkan. Salah satu aspek untuk mencapai pembangunan manusia Indonesia seutuhnya adalah aspek pendidikan jasmani dan olahraga. kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan sehari-hari dalam waktu tertentu tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Variabel dalam penelitian ini yaitu yaitu Tingkat Kebugaran Jasmani dan kemampuan atensi siswa SMA Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang, dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang, Untuk data tingkat kebugaran jasmani diperoleh nilai Statistik 0.199 dan nilai tingkat probabilitas 0.052 (P>0.05), maka dapat dikatakan bahwa data tersebut mengikuti sebaran normal atau berdistribusi normal. Untuk data kemampuan atensi diperoleh nilai Statistik 0.256 dan nilai tingkat probabilitas 0,055 P>0.05), maka dapat dikatakan bahwa data tersebut mengikuti sebaran normal atau berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis korelasi kedua variabel tingkat kebugaran jasmani dan kemampuan atensi dengan person correlation 0.457 memiliki hubungan korelasi yang baik antara kedua variabel yang cukup kuat, demikian juga dengan hasil analisis signifikansi 0.000<0.005 berarti kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani dengan kemampuan atensi. Berdasarkan hasil pembahasan peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan tingkat kebugaran jasmani terhadap kemampuan atensis siswa SMA Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang.
Assesmen Bangunan Gedung Dengan Metode Non Destructive Test (Ndt) Dan Destructive Test (Dt) Mohammad Junaedy R; Reza Hasrun
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Existing building testing is carried out for various purposes that are likely to change the quality of a structure or because the building experiences or is indicated to have errors in workmanship or differences with technical specifications. Ideally, testing is carried out (non destructive) and (destructive test). The buildings used as test locations are the Faculty of Economics UNM, Tellu Cappa Postgraduate UNM, UNM Integrated Laboratory. The observation technique is to collect standards on direct implementation in the field and processing data obtained in the field. Based on the results of observations obtained the implementation method of schimdt hammer test and core drill data processing results schimidt hammer test building Faculty of Economics UNM for all elements obtained an estimated average compressive strength value of 459.4 kg / cm2, UNM Engineering Integrated Laboratory 445.3 kg / cm2, Tellu Cappa Postgraduate UNM 342.9 kg / cm2 While the average compressive strength of core drill samples Faculty of Economics UNM 32.89 MPa, Tellu Cappa Postgraduate UNM 30.06 MPa, UNM Integrated Laboratory 32.86 MPa. In conducting the test, pay attention to the condition of the structural elements or components that will be sampled.
Rancang Bangun Kontrol dan Monitoring Sudut Kemiringan PAPI (Precision Approach Path Indicator) sebagai Media Pembelajaran Bayu Purbo Wartoyo; Muh. Iqbal Sarifuddin
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Precision Approach Path Indicator (PAPI) merupakan salah satu alat pendaratan visual yang berfungsi memandu pesawat udara yang akan mendarat dengan memberikan sudut pendaratan yang tepat kepada pesawat udara tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan kinerja teknisi serta efisiensi waktu. Metode penelitian dengan melakukan observasi Precission Approach Path Indicator (PAPI), mencari referensi terkait rangkaian dan bahan, melakukan perancangan serta melakukan pengujian. Hasil pengujian rancangan alat ini bekerja berdasarkan pembacaan dari sensor sudut MPU-6050 yang ditampilkan pada LCD, serta menambah fitur kontrol menaik turunkan box PAPI ketika terjadi perubahan sudut mengunakan Motor Servo.
Kesantunan Berbahasa Siswa Madrasah Aliyah Arifah Gowa Kelas X Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Sosial Pembelajaran Bahasa Indonesia Idawati Garim; Juwita Pakri
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesantunan Siswa Madrasah Aliyah Arifah Gowa Kelas X yang relevan dengan kompetensi sosial pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan siswa dalam bentuk kata, klausa, dan kalimat yang mematuhi dan melanggar prinsip kesantunan berbahasa berdasarkan teori Leech dan memiliki relevansi dengan kompetensi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realisasi kesantunan berbahasa Siswa Madrasah Aliyah Arifah Gowa Kelas X terbagi atas pematuhan i prinsip kesantunan yang relevan dengan kompetensi sosial. Kesantunan Siswa Madrasah Aliyah Arifah Gowa Kelas X memiliki relevansi dengan kompetensi sosial meliputi pematuhan maksim pujian yang relevan kompetensi jujur. Kesantunan yang patuh pada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, dan maksim kerendahan hati memiliki relevansi dengan kompetensi tanggung jawab. Beberapa kesantunan yang patuh pada maksim kedermawanan dan maksim simpati juga memiliki relevansi dengan kompetensi peduli.
Analisis Tingkat Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan pada Mahasiswa Keuangan Universitas Negeri Makassar Annisa Paramaswary Aslam; Rifda Rahmah Bamatraf
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan melalui indikator tingkat literasi menabung dan tingkat literasi investasi yang berpengaruh pada pengelolaan keuangan pada 100 orang mahasiswa konsentrasi keuangan di Program Studi Manajemen Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi sesuai dengan visi misi program pemerintah yaitu meningkatkan tingkat literasi keuangan di masyarakat yang bertujuan untuk mendukung pembangunan nasional dan meningkatkan investor di Indonesia. Selain itu, tingkat literasi keuangan yang baik akan membantu generasi muda untuk terhindar dari investasi bodong. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pengumpulan data melalui kuesioner. Berdasarkan penelitian yang didapatkan bahwa literasi menabung dan literasi investasi berpengaruh terhadap pengelolaan dan pengambilan keputusan keuangan mahasiswa, semakin baik literasi keuangan mahasiswa maka pengelolaan dan pengambilan keputusannya akan semakin baik. Penelitian ini juga melihat bahwa mahasiswa yang memiliki literasi keuangan lebih tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola pendapatannya dibandingkan dengan mahasiswa yang berliterasi keuangan lebih rendah. Salah satu latar belakang mengapa mahasiswa memiliki literasi keuangan yang rendah karena cara mengelola keuangan yang diajarkan sejak kecil selain itu masih kurangnya literasi keuangan mahasiswa dapat disebabkan karena belum tersedianya pendidikan akademik tentang pendidikan personal finance bagi mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti melihat perlunya peningkatan literasi keuangan di kalangan masyarakat, sehingga pendidikan keuangan pribadi harus dimasukkan dalam kurikulum akademik sebagai bagian dari sistem pendidikan di sekolah dasar sampai dengan universitas. Hal ini dikarenakan, literasi keuangan merupakan ilmu dasar bagi setiap individual agar terhindar dari masalah keuangan yang akan dihadapinya. Masalah keuangan ini bukan hanya dilihat dari pendapatan yang rendah, tetapi juga kesalahan dalam mengelelola dan memutuskan keputusan keuangan dan investasi. Selain itu, literasi keuangan yang baik merupakan salah satu ciri-ciri negara maju, hal ini dikarenakan inklusi keuangan dan literasi keuangan adalah syarat yang sangat sangat penting bagi Indonesia untuk bisa terus maju menjadi negara berpenghasilan tinggi, menjadi negara industri dan makin kuat.
Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital Andi Sadriani; M. Ridwan Said Ahmad; Ibrahim Arifin
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di abad 21 atau yang lebih dikenal dengan era digital perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada perkembangan dunia pendidikan. Hal ini juga tidak lepas dari adanya tantangan guru di era digital yang semakin kompleks dan berat. Kemampuan guru pada era digital harus bisa lebih upgrade dalam penggunaan teknologi dibandingkan peserta didiknya. Sebab, penggunaan teknologi dalam penerapan pembelajaran sangat berguna untuk menunjang pembelajaran yang berkualitas. Di era digital saat ini membutuhkan figure guru yang mampu menghadapi tantangan teknologi dalam pendidikan. Tantangan pendidikan dalam era ini adalah bagaimana mempersiapkan guru yang mampu memanfaatkan teknologi dan meningkatkan kemampuan serta skill yang dimiliki guru dalam menggunakan peralatan teknologi terkini untuk mencapai tujuan pendidikan saat ini. Karena itu, guru sebagai salah satu stakeholder pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran di era digital
ANALISIS KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA DI ERA SOCIETY 5.0 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 TATA BUSANA St. Aisyah; Rosmiaty; Kurniati; Andi Nur Maidah
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Program D3 Tata Busana sebagai jenjang penididikan vokasi yang luarannya dipersiapkan untuk bekerja, maka kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik untuk bersaing di era society 5.0 yakni berpikir kritis, bernalar, kreatif, berkomunikasi, kolaborasi serta memilik kemampuan problem soving. Berdasarkan dari hal tersebut dalam menghadapi era society 5.0 ada dua hal yang harus dilakukan yaitu adaptasi dan kompetisi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan Mahasiswa D3 Tata Busana dalam memamasuki dunia kerja di era society 5.0. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa D3 Tata busana yang berada di semester 6 yang telah melulusi seluruh rangkaian pembelajaran di Program Studi dan mempersiapkan diri untuk menyusun Tugas Akhir. Jumlah sampel adalah sebesar 29 orang mahasiswa. Hasil anlisis data yang diperoleh secara deskriptif menunjukkan tingkat kesiapan mahasiswa yang dilihat dari 7 indikator yaitu peningkatan skill, pengambilan keputusan komunikasi, analilitcal thinking,kreativitas, fleksibilitas dan keterampilan digital rata-rata diatas 90% yang berarti bahwa mahasiswa D3 Tata Busana memiliki kesiapan memasuki dunia kerja di era Society 5.0
Analisis Indikator Tes Kemahiran Bahasa Mandarin Tingkat Menengah : Hanyu Shuiping Kasoshi 汉语水平考试 (HSK 4 ) Mir'ah Azizah; Nirdayanti Mustarih; Abd. Kasim Achmad
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tes tingkat kemahiran level menengah, yaitu Hanyu Shuiping Kaoshi 4 (HSK 4). Dari tes HSK 4 terdapat tiga jenis keterampilan berbahasa yang diujikan, yaitu, mendengarkan (Tingli 听力), membaca (yuedu 阅读),dan menulis (写作). Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, FBS UNM. Adapun desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ujian HSK 4 terdiri dari kurang lebih 1800 kata, Karakter Hanzi 1500-2000 karakter, 45 item tes mendengarkan (Tingli听力), 40 item tes membaca (Yuedu 阅读), dan 15 item tes menulis (Xiezuo 写作) yang didesain untuk pembelajar Bahasa Mandarin agar dapat mendiskusikan topik yang relatif luas dalam Bahasa Mandarin dan mampu berkomunikasi dengan penutur Bahasa mandarin dengan standar tinggi.
Persepsi Mahasiswa Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Zulhaji; Darmawang; Jumadin
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT-UNM. Data dikumpulkan melalui Survey dan wawancara kepada mahasiswa yang telah atau sedang mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebanyak 37 mahasiswa. Survei digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang persepsi mahasiswa terhadap fleksibilitas, manfaat, kualitas dukungan akademik, peningkatan keterampilan dan kompetensi, serta partsipasi dalam kegiatan diluar kampus pada program MBKM, sementara wawancara memberikan data kualitatif untuk mendalami pemahaman dan pandangan mereka secara lebih mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program MBKM mendapatkan respons positif dari mahasiswa dalam hal fleksibilitas, manfaat akademik, kualitas dukungan akademik, peningkatan keterampilan dan kompetensi, serta partisipasi dalam kegiatan di luar kampus
Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Mattampa Bulukecamatan Lamuru Kabupaten Bone Rudi Amir; Rahim Ma’ruf; Muhammad Asri; Fatmawati Gaffar
SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-62 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Mattampa Bulu Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang terdata di Desa Mattampa Bulu Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone sebanyak 2.264 orang dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian menunjukkan nilai persentase partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa berdasarkan indikator partisipasi buah pikiran berada pada kategori baik, partisipasi alam bentuk tenaga berada pada kategori baik dan partisipasi harta benda berada pada kategori cukup.

Page 1 of 10 | Total Record : 91