Regulasi pemerintah pusat untuk mengatur kegiatan pariwisata dengan himbauan penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian dan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas Humas Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung. Upaya promosi desa wisata, Humas melakukan serangkaian kegiatannya melalui strategi Pencils yaitu Publikasi, Even, News, Community involment, Image, Lobbying, dan Social Responsibility, merupakan langkah strategis yang berorientasi terhadap peningkatan wisata dan keselamatan bersama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas humas melalui strategi pencils dalam mempromosikan desa wisata dengan prokes 3M secara online. Publikasi online ini diharapkan dapat menciptakan brand awareness masyarakat mengenai objek wisata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian publikasi online aktivitas humas Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung ini efektif menggunakan strategi pencils dalam mempromosikan wisata sumur putri menjadi Desa Wisata Alam dengan prokes 3M di media sosial Instagram. Wisata Sumur Putri memiliki view alam yang indah dan daya tarik historis yang dipercayai masyarakat sebagai air berkhasiat untuk kesehatan. Selain meningkatkan aspek keselamatan, dan lingkungan wisata juga ketersediaan kuliner dan perbaruan spot selfie di area wisata Sumur Putri agar semakin menarik bagi wisatawan
Copyrights © 2022