cover
Contact Name
Eri Maryani
Contact Email
eri.maryani@gmail.com
Phone
+6285725493000
Journal Mail Official
unitpublikasi@fisip.unila.ac.id
Editorial Address
Jln. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1, Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jevief : Jurnal Vokasi
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 28301005     DOI : 10.23960
Fokus dan ruang lingkup JEVIEF: Jurnal Vokasi adalah artikel yang bermuatan kajian yang relevan dengan kajian vokasi Perpustakaan dan Informasi, Hubungan Masyarakat atau Public Relation (PR), Administrasi Perkantoran dan Sekretari serta tidak menutup kemungkinan lingkup kajian vokasi sosial humaniora, sosial ekonomi, lingkungan dan pendidikan.
Articles 10 Documents
Peran Pustakawan dalam Pelestarian Koleksi di Perpustakaan SMK Negeri 1 Bandar Lampung Purwanto Putra
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 1 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jevief.v1i1.1

Abstract

Librarians have the duty and responsibility to carry out library management and services, not only services but also play an important role in the preservation of library materials. Librarians must be able to elaborate on the need for preservation of library materials and identify various factors causing damage and efforts to maintain library materials. Therefore, it is important to see the role of librarians in preserving collections in the Library of SMK Negeri 1 Bandar Lampung. This study uses a qualitative method with the aim of knowing the role of librarians in preservation activities, through various activities carried out, along with the obstacles faced by librarians. Data collection techniques in this study is to conduct interviews and observations. The findings are 1.) the role of the manager in preservation is to take preventive measures such as physical collection of books, both old and new collections, and cleaning infrastructure such as bookshelves regularly 2.) preservation activities have been carried out since the library was established, marked by repair various collections with the type of damage in the light category. 3. There is no further preservation effort for preservation and there is no special room for preservation so that the repair process cannot run optimally.
Peningkatan Kualitas Layanan di UPT. Perpustakaan Universitas Malahayati Bandar lampung Melalui Konsep Learning Commons Eri Maryani; Ade Rahma Suci
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 1 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jevief.v1i1.3

Abstract

Penulisan ini mengalisis mengenai peningkatan kualitas layanan di UPT. Perpustakaan Universitas Malahayati Bandar Lampung melalui konsep learning commons. Layanan learning commons ini mengutamakan kenyamanan dengan fasilitas yang ada dan menerapkan keunikan dalam memanfaatkan ruang-uang yang ada. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penulisan ini bahwa UPT. Perpustakaan Universitas Malahayati Bandar Lampung sudah menerapkan konsep learning commons untuk peningkatan kualitas layanan di UPT. Perpustakaan Universitas Malahayati Bandar Lampung. Penerapan konsep learning commons seperti tersedianya ruang diskusi dengan konsep kearifan lokal rumah adat, kolam ikan dan ruang diskusi dengan konsep modern. Menerapkan konsep learning commons dengan mengutamakan kenyamanan pemustaka saat berada di perpustakaan, UPT. Perpustakaan Universitas Malahayati Bandar Lampung memberikan beberapa toleransi dengan memperbolehkan pemustaka membawa makanan dan minuman di dalam perpustakaan dengan adanya toleransi tersebut, perpustakaan harus mengawasi pemustaka dengan extra. Adapun saran untuk UPT. Perpustakaan Universitas Malahayati Bandar Lampung harus tetap mempertahankan kualitas layanan learning commons dengan mengutamakan kenyamanan secara modern di era digital saat ini.
PARASOCIAL RELATIONSHIPS DI INSTAGRAM Andi Windah; Ida Nurhaida; Bangun Suharti
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 1 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jevief.v1i1.4

Abstract

Parasocial relationships dideskripsikan sebagai ilusinasi dari “hubungan tatap muka” (Dcross, 2015) dengan selebritis dan public figure via penggunaan media massa. Fenomena Parasocial relationships di media sosial yang cukup up-to-date untuk diteliti adalah keberadaan akun Instagram @bellashofie_suryo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bentuk-bentuk Parasocial relationships antara Bella Shofie dengan followers akun Instagram @bellashofie_suryo. Juga mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjalinnya Parasocial relationships tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan tipe penelitian analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan bahwa ada tiga (3) klasifikasi umum sebaran komunikasi para followers yakni komentar berupa (1) pujian; (2) cacian dan yang terakhir komentar bernada (3) netral. Tiga kategori ini lah yang menjadi bentuk dari parasocial relationships di Instagram @bellashofie_suryo. Tingginya tingkat haters di media sosial mencerminkan bahwa perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mempengaruhi keterampilan sosial para penggunanya. Ditemukan juga bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi hubungan parasosial yakni usia, jenis kelamin dan keterampilan sosial. Faktor-faktor ini lah yang mempengaruhi kebiasaan seperti melihat, mendengar, membaca dan mempelajari tentang kehidupan selebritis secara berlebihan sehingga menimbulkan sikap empati, identifikasi, obsesi dan asosiasi.
EFEKTIVITAS OPERASIONAL PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG SELAMA PANDEMI COVID-19 Arnila Purnamayanti; Hanun Agus Trivio Purwanto
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 1 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jevief.v1i1.5

Abstract

The school library is one of the mandatory facilities owned by every school. and also become a center for reading books that are recreational to allow students can develop their creativity and imagination. The author did research with the attached title to measure the extent to which the effectiveness operations of a school library in implementing closed services in situations that do not allow students and visitors to visit library. The writing method in writing the final project is a qualitative method. Data collection techniques through interviews, observation, documentation, and also studies references. The result of writing this final project is the operational effectiveness of the SMA library Negeri 11 Bandar Lampung has not run effectively. This can be measured in the use of aspects with effectiveness guidelines. In its application, there are some results conform to regulatory standards as well as appropriate aspects. From the aspect regulations that are not in accordance with standard provisions with regulatory aspects on school library, then the aspect of the goal that has not been able to maximize activities learning is due to the non-optimal delivery of materials, while the functional aspects who have not reached library regulatory standards by limiting activities in library. For the planning aspect where the library has other plans with according to standard library regulations that provide access to visitors. Based on the results of the study, it was concluded that the operational effectiveness of library during the Covid-19 pandemic is not effective, because there are aspects regulations, aspects of objectives and aspects of functions that do not meet the standards.
Penerapan Pengelolaan Administrasi Berbasis Aplikasi sebagai Praktik Modern Office Hani Damayanti Aprilia; Rena Karnida
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 1 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jevief.v1i1.6

Abstract

Pengelolaan administrasi merupakan aktivitas utama yang harus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan dalam penerapannya. Kemajuan teknologi dan informasi beserta potensi pemanfaatannya yang luas, memberikan peluang bagi perusahaan untuk menerapkan sistem pengelolaan administrasi yang cepat dan akurat. Saat ini, banyak perusahaan yang telah melakukan pengelolaan administrasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi. Pengelolaan administrasi berbasis aplikasi memberikan gambaran bagaimana perusahaan bertransformasi menjadi modern office. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan administrasi berbasis aplikasi sebagai praktik modern office. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif, dengan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengelolaan administrasi di Auto 2000 antara lain meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Dalam hal praktik modern office, Auto 2000 menggunakan aplikasi Toyota Dealer Management System (TDMS) dalam pengelolaan administrasi. Penerapan pengelolaan administrasi berbasis aplikasi di Auto 2000, diharapkan dapat mencapai efektifitas dan efisiensi perusahaan dalam mencapai tujuan dan mencapai hasil yang maksimal. Kata Kunci: pengelolaan administrasi, manajemen perkantoran, modern office.
Revitalisasi Pasar Tradisional dalam Peningkatan Local Economic Development (Studi Pasar Tiyuh Pulung Kencana, Kabupaten Tulang Bawang Barat) Fitri Wahyuni Fitri; Pindo Riski Saputra; Kholifatul Munawaroh
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 2 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Pasar tradisional Tiyuh Pulung Kencana yang dianggap sebagai pasar yang kumuh, kotor, dengan bangunan yang sederhana dan sirkulasi udara yang buruk, serta manajemen pengelolaan pasar yang kurang baik membuat masyarakat kurang meminati berbelanja dipasar tradisional dan membuat eksistensi pasar tradisional semakin menurun, inilah yang mendorong pemerintah mengeluarkan program revitalisasi pasar tradisional Tiyuh Pulung Kencan untuk mengubah kondisi fisik pasar agar terlihat lebih modern, dan meningkatkan akses pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta memperbaiki manajemen pengelolaan pasar yang lebih baik. Setelah dilakukannya revitalisasi pasar Pulung Kencana berdampak pada perubahan persfektif tujuan, manfaat dan kegunaan pasar bagi masyarakat terlihat dari , perbaikan secara fisik bangunan pasar yang lebih modern klasik dengan sirkulasi udara yang bagus, tertata rapi, dan bersih selain itu juga dijadikan untuk swafoto, destinasi wisata dan rekreasi anak, wedding expo dan tempat kontes seni atau musik. Selain itu perbaikan manajemen pengelolaan pasar, pertumbuhan ekonomi melalui pertumbuhan UMKM lokal dan perubahan sosial masyarakat Tiyuh Pulung Kencana. Kata Kunci : Revitalisasi Pasar Tradisional, Local Economic Development
STRATEGI PENCILS HUMAS PARIWISATA DALAM PUBLIKASI ONLINE WISATA SUMUR PUTRI DENGAN PENERAPAN PROKES 3M DI BANDAR LAMPUNG Nanda Utaridah; Vito Prasetya; Agung Wibawa
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 2 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Regulasi pemerintah pusat untuk mengatur kegiatan pariwisata dengan himbauan penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian dan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas Humas Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung. Upaya promosi desa wisata, Humas melakukan serangkaian kegiatannya melalui strategi Pencils yaitu Publikasi, Even, News, Community involment, Image, Lobbying, dan Social Responsibility, merupakan langkah strategis yang berorientasi terhadap peningkatan wisata dan keselamatan bersama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas humas melalui strategi pencils dalam mempromosikan desa wisata dengan prokes 3M secara online. Publikasi online ini diharapkan dapat menciptakan brand awareness masyarakat mengenai objek wisata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian publikasi online aktivitas humas Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung ini efektif menggunakan strategi pencils dalam mempromosikan wisata sumur putri menjadi Desa Wisata Alam dengan prokes 3M di media sosial Instagram. Wisata Sumur Putri memiliki view alam yang indah dan daya tarik historis yang dipercayai masyarakat sebagai air berkhasiat untuk kesehatan. Selain meningkatkan aspek keselamatan, dan lingkungan wisata juga ketersediaan kuliner dan perbaruan spot selfie di area wisata Sumur Putri agar semakin menarik bagi wisatawan
Strategi Peningkatan Minat Baca Anak Melalui TBM : Studi Di TBM Gubuk Literasi Kota Bandar Lampung Eri Maryani; Dwi Ariyansyah; Arnila Purnamayanti
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 2 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang strategi taman baca masyarakat dalam meningkatkan minat baca anak (studi pada Taman Baca Masyarakat Gubuk Literasi kota Bandar Lampung). Permasalahan minat membaca masyarakat memang menjadi hal yang menarik untuk dibahas, terlebih lagi di Indonesia yang masih rendah dalam tingkat minat baca. Adanya Gubuk Literasi akan menjadi salah satu solusi untuk berupaya menuntaskan permasalahan tersebut. Dengan agenda-agenda menarik seperti kelas mengajar, menonton film bersama, praktik, serta gencar melakukan sosialisasi diharapkan anak-anak bisa merubah prilaku dan karakter untuk menjadi lebih baik dalam isu minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan berbagai strategi yang dilakukan oleh Taman Baca Masyarakat Gubuk Literasi dalam meningkatkan minat baca anak sekaligus kendala-kendala yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan pada tulisan ini yaitu menggunakan jenis studi lapangan dengan metode kualitatif. Adapun untuk teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam rangka untuk meningkatkan minat baca anak, TBM Gubuk Literasi mempunyai 5 strategi yaitu inovasi, rekreasi, kolaborasi, reward, share informasi yang mana semuanya mempunyai fungsi dan tujuan yang sama yakni untuk meningkatkan minat baca pada anak.Terdapat 4 saran yang perlu TBM Gubuk Literasi lakukan agar menjadi lebih baik lagi, diantaranya 1). mengadakan pelatihan untuk semua volunteer TBM Gubuk Literasi, 2). perlu adanya penjaringan untuk penambahan volunteer, 3). adanya koordinasi dengan pemerintah setempat, dan 4). perlu adanya penambahan bahan baca anak agar lebih bervariasi.
Strategi Peningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro Arnila Purnamayanti; Triana Setyowati
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 2 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan tentulah harus dikelola oleh tenaga yang berkompeten agar ketersediaan bahan dan sumber belajar di perpustakaan sekolah dapat ditingkatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tujuan penelitian penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi serta kendala yang dihadapi dalam meningkatkan sumber daya manusia berkualitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah; Pengembangan Sumber Daya Manusia di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro telah menunjukkan hasil yang signifikan terhadap kebijakan yang telah dibuat, seperti dalam melaksanakan pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. Namun kendala yang dihadapi dalam kebijakan pengembangan Sumber Daya Manusia Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro adalah: terbatasnya Sumber Daya Pustakawan sehingga pekerjaan belum spesialisasi dan banyaknya pekerjaan staff honorer diluar perpustakaan. Untuk itu, terdapat solusi yang akan dilakukan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro, antara lain: menjalin kerjasama, melakukan peningkatkan Sumber Daya Manusia dan memberikan motivasi serta dukungan penuh agar terciptanya skill yang memadai di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro.
Peran Perpustakaan Keliling Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi UMKM Masyarakat Tanggamus (Studi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tanggamus) Yeni Kurnia Sari; Arnila Purnamayanti; Eri Maryani
JEVIEF : Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung Vol. 1 No. 2 (2022): JEVIEF: Jurnal Vokasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan perpustakaan umum daerah yang mendatangi/mengunjungi pembacanya dengan menggunakan kendaraan darat. Penulisan TA ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan keliling dalam memenuhi kebutuhan informasi UMKM masyarakat Tanggamus dengan pokok bahasan bagaimana peran perpustakaan keliling serta kendala yang dihadapi selama memberikan informasi terhadap UMKM masyarakat Tanggamus.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penulisan menunjukkan bahwa Perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Derah Kabupaten Tanggamus berperan aktif dan partisipasif dalam memenuhi kebutuhan informasi UMKM masyarakat Tanggamus, layanan perpustakaan keliling sudah sesuai dengan prosedur yang ada. . Hal tersebut dibuktikan dengan kegiatan sosialisasi dan kunjungan aktif yang dilakukan oleh layanan perpustakaan keliling, namun terdapat 2 kendala dalam hal pelaksanaannya diantaranya kurangnya dana dan waktu serta jarak tempuh lokasi tujuan layanan perpustakaan keliling.

Page 1 of 1 | Total Record : 10