Jurnal Generasi Ceria Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2023): Artikel Riset Nopember 2023

Analisis Kegiatan Storytelling Sebagai Upaya Meredam Perilaku Bullying pada Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Yeanny Suryadi (PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2023

Abstract

Latar belakang Kasus perudungan yang dilakukan oleh anak usia dini mengalami pravelensi yang cukup mengkhawatirkan. KPAI mencatat angka ini terus meningkat sejak 2011 hingga 2019. Beberapa sekolah mencatat perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini telah diidentifikasi mengalami beberapa masalah berulang yang muncul, seperti perilaku tantrum (mengamuk).Perilaku tantrum dilakukan saat keinginannya tidak terpenuhi dan berharap dengan melakukan tindakan tersebut, lingkungan akan mengalah dengan mengabulkan apa yang menjadi keinginannya, Selanjutnya adalah perilaku bullying yang terus meningkat kasusnya yang bahkan telah dilakukan oleh anak pada usia dini, seperti mengejek ( perudungan verbal), melakukan perudungan secara fisik, serta secara psikis seperti mengajak teman lain untuk menjauhi kawan lainnya secara diam-diam ataupun secara terang-terangan. Metode penelitian: Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan observasi langsung ke sebuah Raudhatul Athfal di Deliserdang Hasil penelitian: solusi yang dilakukan dalam mencegah perilaku bullying pada satuan pendidikan anak usia dini adalah menggunakan teori bermain melalui story telling, melakukan pendekatan kepada lingkungan keluarga melalui kegiatan parenting, dan menggunakan teknik time out dalam memecahkan masalah tantrum pada anak usia dini., Kesimpulan: Teori bermain dalam mengasah kecerdasan sosial emosional anak sedari dini, dengan pengalaman berharga melalui implementasi teori bermain, diharapkan pengembangan aspek sosial emosional anak tumbuh dengan baik hingga dewasa kelak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geci

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini ( GECI ) bertujuan membangun pendidikan bagi anak-anak oleh para akademisi yang ingin ikut terlibat dalam pembangunan pendidikan bagi Indonesia. Tidak terbatas hanya kepada penelitian terhadap dunia pendidikan dasar pada umumnya, tetapi juga ikut menampilkan keterlibatan pada akademisi ...