Teknologi merupakan salah satu hal yang menjadi kebutuhan. Kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi semakin berkembang pesat salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, teknologi dimanfaatkan sebagai Metode pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu, agar mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Kecanggihan dan kemudahan dalam mengakses telepon genggam menjadikan teknologiĀ ini digemari oleh masyarakat. Kimia menjadi salah satu mata pelajaran disekolah yang berlandaskan pada teori dan operasi perhitungan. Seringkali guru menyampaikan materi secara lisan. Hal ini dapat mengurangi efektifitas belajar mengajar karena siswa cenderung jenuh terhadap penyampaian materi yang disampaikan secara monoton melalui lisan atau verbal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka pada proyek akhir ini dikembangkan sebuah aplikasi yang merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa dalam mempelajari dan memahami materi reduksi-oksidasi dengan menggunakan bilangan oksidasi (biloks) sebagai metode penyetaraannya. Aplikasi ini di lengkapi 3 fitur, yakni : fitur materi, fitur step penyetaraan, dan step fitur soal. Hasil keluaran dari fitur step penyetaraan adalah berupa tahapan penyetaraan reaksi reduksi dan oksidasi. fitur ini bertujuan agar para siswa dapat dengan mudah memahami tahapan dalam penyetaraan reaksi reduksi dan oksidasi menggunakan metode bilangan oksidasi (biloks).
Copyrights © 2019