Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 6 (2023): Volume 4 Nomor 6 Tahun 2023

MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS GURU DI SMK AL HUSEN PADEMAWU MELALUI PELATIHAN FLIPPED CLASSROOM

Muhammad Darrin Zuhri (Universitas Madura)
Devie Reztia Anjarani (Universitas Madura)
Syaiful Syaiful (Universitas Madura)
Yuliarsih Yuliarsih (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menilai seberapa baik metode flipped classroom telah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para guru di SMK Al Husen Pademawu. Lingkungan pendidikan di sekolah ini menyulitkan untuk mencapai kemahiran berbahasa Inggris, terutama ketika menggunakan beberapa metode tradisional yang tersedia. Pelatihan ini mencoba untuk mengatasi keterbatasan ini dengan menggunakan pelatihan flipped classroom. Latar belakang pelatihan ini adalah lingkungan pendidikan SMK Al Husen Pademawu, di mana ditemukan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para guru agar mereka dapat lebih berhasil dalam mengajar para siswa. Ditekankan bahwa penguasaan bahasa Inggris yang baik sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan komunikasi di dalam kelas. Kesulitan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris guru dan kekurangan pendekatan pelatihan tradisional diidentifikasi sebagai masalah. Oleh karena itu, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para pengajar dan memperkenalkan model flipped classroom sebagai pengganti teknik pelatihan tradisional. Hal ini dilaksanakan melalui strategi yang mencakup perancangan eksperimen, pemilihan sampel, dan pemberian pelatihan flipped classroom dengan menggunakan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan para guru. Hasilnya akan dievaluasi dengan melacak perkembangan kemampuan bahasa Inggris para guru dan bagaimana tanggapan mereka terhadap pelatihan tersebut. Hasilnya menunjukkan adanya respon positif terhadap metodologi flipped classroom dan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris para guru. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengukur dampaknya terhadap pengajaran dan pembelajaran di SMK Al Husen Pademawu. Implikasi dari pelatihan ini meliputi penggunaan pendekatan flipped classroom dalam lingkungan pendidikan, identifikasi peluang untuk pengembangan lebih lanjut, dan saran untuk perbaikan berkelanjutan. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan baik secara lokal maupun nasional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...