Wisesa: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2023): WISESA - Jurnal Pengabdian Masyarakat

INTERVENSI PENDIDIKAN BERBASIS SEKOLAH DALAM MEMBANGUN EMPATI SISWA DI SMP INKLUSI

Yuliezar Perwira Dara (Universitas Brawijaya)
Ulifa Rahma (Universitas Brawijaya)
Ziadatul Hikmiah (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Anak-anak penyandang disabilitas sangat rentan terhadap sikap teman sebaya yang negatif, yang dapat mengakibatkan mereka merasa dikucilkan dan diasingkan di lingkungan sekolah. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun empati siswa melalui program disability awareness, salah satunya dengan intervensi pendidikan berbasis sekolah. Peserta adalah siswa kelas 7-9 SMP inklusi di Kota Malang, yang merupakan teman sebaya dari penyandang disabilitas, sejumlah sekitar 150 siswa. Langkah-langkah dalam pengmas ini diantaranya melalui pra-posting dengan tindak lanjut pada 4 pekan berikutnya untuk melihat efek program, apakah bertahan lama. Intervensi ini memasukkan beberapa komponen termasuk kognitif, afektif dan psikomotor siswa melalui permainan peran dan games edukatif. Alat ukur untuk evaluasi kegiatan dilakukan melalui pre dan post tes skala dari McGibbons yang dapat diselesaikan siswa dalam 10 menit. Hasil analisis independent sample t-test menunjukkan peningkatan yang signifikan pada niat, sikap dan pemahaman siswa terkait program disability awareness (p<0.05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wisesa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Wisesa: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal nasional yang mencakup pelbagai isu dan permasalahan sosial di masyarakat. Jurnal ini bertujuan menyebarluaskan gagasan konseptual dan hasil penelitian yang telah dicapai pelbagai pihak, terutama kalangan civitas akademik, dalam lingkup pengabdian ...