Jurnal Kesehatan dan Kedokteran
Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober: Jurnal Kesehatan dan Kedokteran

UJI DAYA HAMBAT BAKTERI Staphylococcus epidermidis, Vibrio parahaemolyticus, Escherichia coli DARI PRODUK BIOTEKNOLOGI FARMASI BERUPA SABUN CUCI TANGAN KOMBUCHA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L)

Leni Halimatusyadiah (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila, Serang)
Rina Octavia (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila, Serang)
Endang Safitri (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang)
Firman Rezaldi (Universitas Padjajaran)
M. Fariz Fadillah (Universitas Mathla'ul Anwar Banten)
Desi Trisnawati (Universitas Mathla'ul Anwar Banten)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Kombucha bunga telang selain berpotensi sebagai minuman probiotik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh memiliki potensi juga sebagai bahan aktif sabun cuci tangan dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus epidermidis, Vibrio parahaemolyticus, dan Escherichia coli. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat formulasi dan sediaan sabun cuci tangan yang berbahan aktif larutan fermentasi kombucha bunga telang dengan konsentrasi gula 20%, 30%, dan 40%. Metode penelitian ini dilakukan secara eksperimental laboratorium dengan membuat 4 sediaan sabun cuci tangan dan menyediakan sabun cuci tangan pasaran untuk diuji pada ketiga pertumbuhan bakteri uji melalui metode difusi cakram. Analisis data yang digunakan adalah ANOVA satu jalur dilanjut melalui Analisis pos hoc. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa sabun cuci tangan yang berbahan aktif larutan fermentasi kombucha bunga telang berkolerasi secara positif dalam menghambat ketiga pertumbuhan bakteri uji. Konsentrasi 40% pada sediaan sabun cuci tangan kombucha bunga telang berbeda nyata secara signifikan dengan nilai F tabel lebih kecil dibanding F hitung (P<0,05) pada konsentrasi 20%, 30%, dan basis sabun. Namun tidak berbeda nyata dengan sabun cuci tangan yang tersedia dipasaran dalam menghambat ketiga pertumbuhan bakteri uji. Konsentrasi 40% (sabun cuci tangan kombucha bunga telang) konsentrasi terbaik dari seluruh perlakuan dalam menghambat ketiga pertumbuhan bakteri uji.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUKEKE

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Anatomi Anestesiologi Bedah Mulut Biokimia dan Biologi Molekular Cardiovaskular Dermatologi dan Venerologi Epidemiologi Farmakologi Farmasi Fisiologi Forensik Geriatri Genetika Gizi Medik Hematologi Histologi Ilmu Bedah Ilmu Kedokteran Gigi Anak Ilmu Kesehatan Anak Ilmu Kesehatan Masyarakat Ilmu ...