Jurnal Pendidikan Abad Ke-21
Vol 1, No 2 (2023)

Self Concept Siswa SMA di Kabupaten Lebak

Restu Athifah Rahmah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Putri Handayani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mila Ermila Hendriyani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ika Rifqiawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dwi Ratnasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Konsep diri siswa merupakan bentuk penilaian seseorang terhadap dirinya. Konsep diri dikatakan penting karena dapat dijadikan sebagai evaluasi peserta didik terkait kelebihan dan kelemahan dirinya sendiri. Guru dapat mengetahui konsep diri siswa melalui penilaian  afektif yang dilakukan saat pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode survei. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui konsep diri siswa SMA di Lebak untuk inisiasi program peningkatan profil pelajar Pancasila. Konsep diri diukur menggunakan teknik penilaian diri (self-assessment). Instrumen penilaian berupa angket yang terdiri dari indikator dan dimensi konsep diri peserta didik yaitu keadaan psikis siswa pada lingkungan sekitar, peran siswa dalam lingkungan sosial, dan percaya diri . Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri siswa sudah cukup baik dengan hasil penilaian afektif 67%, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki konsep diri yang cukup baik dan harus lebih ditingkatkan., dengan cara melatih siswa untuk mengenali diri melalui kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Abad Ke-21 publishes research articles in the field of education in the 21st ...