Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB)
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)

Focus Group Discussion Pemetaan dan Klasifikasi Jenis Bantuan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Lampung Selatan

Ari Kurniawan Saputra (Universitas Bandar Lampung)
Riza Muhida (Universitas Bandar Lampung)
Yuthsi Aprilinda (Universitas Bandar Lampung)
Fenty Ariani (Universitas Bandar Lampung)
Robby Yuli Endra (Universitas Bandar Lampung)
Erlangga E (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2023

Abstract

FGD adalah metode kualitatif untuk mengumpulkan informasi tentang preferensi, kebutuhan, sudut pandang, keyakinan, dan pengalaman peserta terkait suatu topik. Pendekatan ini melibatkan peran seorang koordinator atau moderator yang mengarahkan jalannya diskusi. Tujuan kegiatan ini untuk penerapan metode FGD sebagai bentuk elaborasi Pemerintah Daerah dalam upaya intervensi BANSOS yang objektif dan tepat sasaran, sehingga diharapkan dapat berdampak pada penurunan angka kemiskinan ekstrim di Kabupaten Lampung Selatan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, terdapat permasalahan yang sedang terjadi di Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan terkait intervensi BANSOS daerah yang belum objektif dan tepat sasaran. Berdasarkan evaluasi kegiatan FGD yang telah dilakukan di dapatkan capaian hasil bahwa permasalahan terkait intervensi BANSOS daerah yang objektif dan tepat sasaran perlu adanya tata kelola data berbasis sistem informasi manajemen yang dapat memetakan dan melakukan klasifikasi berdasarkkan jenis dan atribut BANSOS bersumber APBD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmtapisberseri

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) adalah jurnal jurnal peer-review nasional pengabdian masyarakat bidang sains, teknik, dan teknologi yang diterbitkan oleh Pusat Studi Teknologi Informasi Universitas Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian masyarakat ini bersifat open access atau akses ...