cover
Contact Name
Robby Yuli Endra
Contact Email
robby.yuliendra@ubl.ac.id
Phone
+628197990845
Journal Mail Official
tapisberseri@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. ZA Pagar Alam No 89 Gedong Meneng Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB)
ISSN : -     EISSN : 28306945     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/tapisberseri
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) adalah jurnal jurnal peer-review nasional pengabdian masyarakat bidang sains, teknik, dan teknologi yang diterbitkan oleh Pusat Studi Teknologi Informasi Universitas Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian masyarakat ini bersifat open access atau akses terbuka serta bertujuan untuk berbagi dan mempromosikan kualitas layanan masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membantu orang atau memecahkan beberapa masalah kehidupan sehari-hari. Jurnal ini menerbitkan 10 artikel untuk setiap volume dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jika Anda tertarik, kami menyarankan Anda untuk membaca kebijakan kami serta pedoman penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
Pemberdayaan Komunitas Usaha Pepaya Kalifornia Desa Gunung Megang Melalui Pelatihan Inovasi dan Digitalisasi Siti Aminah; Sasmita Sasmita; Lesi Anggraini; Desi puspita; Barrorotul Azizah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.281 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.1

Abstract

Gunung Megang adalah sebuah desa di kecamatan Jarai, Lahat, Sumatra Selatan, Indonesia. Letaknya Kurang lebih 75 km dari Kota Lahat. Pada umumnya masyarakat desa Gunung Megang mempunyai mata pencaharian sebagai petani, baik Bertani di sawah ataupun berkebun di kebun kopi atau papaya. Hasil dari berkebun kopi yang hanya setahun sekali tidak dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tanaman pepaya kalifornia saat ini merupakan salah satu komoditas pertanian tanah tropis yang memiliki peluang sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia sebagai usaha agrobisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan. Di desa Gunung Megang, sebenarnya sudah ada komunitas usaha makanan yang menggunakan bahan mentah dari buah papaya, hanya saja hasil produk pepaya ini baru dua jenis saja dengan daerah pemasaran wilayah desa Gunung Megang dan sekitarnya, belum mencakup luar kota. Media sosial sebagai salah satu alat yang digunakan untuk melakukan digitalisasi produk komunitas usaha, dan dengan melakukan pemetaan potensi, agar dapat dikelola usaha yang lain sesuai dengan potensi yang ada pada desa Gunung Megang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan digitalisasi dan inovasi pemetaan potensi desa.
Pemanfatan Teknologi Informasi (Marketplace)/Sosial Media Untuk Perkembangan UMKM Di Desa Ambarawa Barat Dalam Masa Pandemi Adi Prasetia Nanda; Sri Hartati; Dian
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.004 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.3

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi (Marketplace)/Media Sosial untuk Pengembangan UMKM di Desa Ambarawa Barat Selama Masa pandemi. Teknologi Informasi (Marketplace) atau media sosial penting bagi UMKM karena pemanfaatan Teknologi Informasi berperan sebagai solusi untuk membantu perekonomian masyarakat Ambarawa Barat dalam memasarkan produk olahannya. Marketplace merupakan bagian dari kegiatan transaksi E-Commerce, yang diatur dalam berbagai peraturan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), serta Undang-Undang tentang Perlindungan Konsumen.
Pelatihan Penerapan Desain Pembelajaran Guna Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MTs Subulussalam Kayuagung Puji Astuti
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.669 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.4

Abstract

Penerapan desain pembelajaran guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Subulussalam Kayuagung memalui pelatihan terlaksana dengan baik dan lancar. Peserta mampu menyusun dan menerapkan desain pembelajaran kedalam rencana pembelajaran serta dari beberapa indikator kompetensi pedagogik yang harus dikuasi guru kedalam mata pelajaran yang mereka ajarkan. Pesertamengetahui aspek dan indikator-indikator kompetensi pedagogik guru mulai dari mengetahui karakteristik siswanya, menyiapkan pembelajarannya yang mendidik, menarik dan menyenangkan, mengetahui potensi siswanya, dan mengetahui cara berkomunikasi baik dengan siswanya. Peserta pelatihan juga mampu menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan desain pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampunya dimasa pandemi covid 19.
Pendampingan Dan Pemanfaatan E-Commerce Dan Marketplace Untuk Meningkatkan Promosi Dan Penjualan Kerajinan Tapis Pekon Bumiayu Dian Puspita; RisWahyudi
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.183 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.5

Abstract

Tapis adalah salah satu peninggalan budaya tradisional masyarakat Lampung, berupa tenunan kain yang sudah dipakai turun temurun. Sekarang sudah banyak tapis yang diterapkan pada media tertentu seperti peci, tas, masker, dompet, hiasan dinding. Bapak Lili merupakan pemilik toko Qinan Tapis sekaligus pengrajin tapis yang melakukan promosi secara manual, promosi dilakukan dari mulut ke mulut, menggunakan sosial media WA, dan instagram. Walaupun sudah menggunakan sosial media, promosi Qinan tapis masih belum maksimal dalam penggunaan instagram, jadi promosi di instagram kurang mencakup masyarakat luas dan belum memiki website. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada Qinan tapis untuk membuat website dan marketplace berupa instagram dan juga pendampingan kepada pemilik dengan pelatihan cara promosi di instagram yang efektif dan efesien. Tujuan pengabdian kepada Qinan tapis adalah untuk membantu UMKM desa Bumiayu dan untuk lebih mencintai produk lokal. Metode yang digunakan metode pelatihan. Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan selama satu hari maka dapat ditarik kesimpulan, pemilik Qinan tapis mendapat pelatihan membuat profil instagram dan pelatihan membuat promosi melalui instagram dengan menggunakan hashtag. Kata kunci: Qinantapis, instagram, marketplace.
Pelatihan Peningkatan Pengelolaan Keuangan Mitra UMKM Rumah BUMN Bandar Lampung M Yusuf S Barusman; Haninun; Nurdiawansyah; soewito; Lukmanul Hakim
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.354 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.6

Abstract

BUMN Bandar Lampung memiliki banyak mitra UMKM yang tergabung di dalamnya. Diantara permasalahan pemahaman dan upaya yang diperlukan untuk meningkatkan usahanya khususnya di kalangan UMKM yang menyebabkan tertinggalnya UMKM di wilayah Bandar Lampung adalah pemahaman akuntansi oleh para pelaku UMKM. Pelaku UMKM biasanya hanya menyimpan catatan sederhana berupa pemasukan dan pengeluaran. Beberapa orang tidak mencatat sewa sebagai biaya proyek, sehingga pengeluaran tidak dicatat dengan benar, sehingga bisnis tampaknya menghasilkan keuntungan besar. Akibatnya, catatan tersebut tidak menjelaskan posisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Masalah dengan mitra adalah kurangnya pelatihan langsung dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan. Rumah BUMN Bandar Lampung mengadakan pelatihan pengelolaan dan pencatatan keuangan untuk mitra UMKM sebanyak dua tahap dan mitra UMKM menjadi lebih paham mengenai pemisahan pengelolaan keuangan pribadi dan usaha dan pengelolaan serta pencatatan keuangan digital.
Pendampingan Pemanfaatan Marketplace Pada Generasi Muda Pelaku UMKMSebagai Upaya pemulihan Ekonomi Dita Novita Sari; Ida Ayu Putu Anggie Sinthiya; Danang Kusnadi; Eko Hendrawan; Dwi Puastuti; Erliza Septia Nagara
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.144 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.7

Abstract

Pemulihan ekonomi negara menjadi tanggung jawab pemerintah, bersama dengan semangat masyarakat untuk memulihkan kegiatan perekonomian negaranya maka pemerintah harus memiliki komitmen mendukung segala sesuatu usaha rakyat. Maraknya pasar online atau market place di Indonesia tentunya sangat mempengaruhi kegiatan para pelaku ekonomi, karena pasar online merupakan perantara perdagangan bagi para pelaku ekonomi, baik rumah tangga keluarga, perusahaan, maupun masyarakat luar negeri dapat melakukan transaksi jual beli dengan mudah. Pekon Tulungagung merupakan bagian dari Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Provinsi Lampung. Para pelaku UMKM yang berada dipekon Tulungagung umumnya hanya berinteraksi di pasar, adapun perkembangan teknologi yang sudah mulai digunakan adalah penjualan melalui media sosial facebook, dan whatsaap yang cakupan daerahnya masih disekitar daerah terdekat. Berdasarkansituasitersebut maka permasalahan yang terjadi adalah terbatasnya area promosi dan transaksi yang bisa diselesaikan dengan memanfaatkan marketplace sebagai upaya peningkatan pendapatan dan peluasan area promosi
Implementasi dan Sosialisasi Aplikasi Pengolahan Data Kesejahteraan Keluarga pada Program Dasa Wisma Pkk Pendataan Keluarga Rw.06 Desa Cimekar Kabupaten Bandung Reni Nursyanti; R. Yadi Rakhman Alamsyah; Luthfi Fadle Rynaldy
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.351 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.8

Abstract

Keluarga yang sejahtera merupakan faktor penting dalam terbentuknya kesejahteraan dalam masyarakat dan negara, dimana kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tujuan utama bagi pemerintahan. Maka dari itu terlaksananya program Pendataan Keluarga di Desa Cimekar, bertujuan dalam mengumpulkan data kesejahteraan keluarga sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyrakat yang meliputi rehabilitas sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial. Dalam pengumpulan data kesejahteraan keluarga pada program Pendataan Keluarga masih menggunakan pencatatan manual serta observasi dari rumah ke rumah. Pengujian langsung kepada penggunna, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Dasa Wisma Digital dapat mengumpulkan data tingkat kesejahteraan keluarga melalui kuisioner pada aplikasi yang diisi oleh warga, serta pengolahan data hasil Program Pendataan Keluarga.
Pembuatan Gula Merah dari air Nira Dan Pemasaran Produk Gula Merah Dengan Pemanfaatan Media Sosial Widianto Widi; Tri Susilowati Tri Susilowati; Nurlela; Ahmad Solihin
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.156 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.12

Abstract

Gula merah adalah suatu bahan pemanis yang dibuat dari nira air kelapa maupun  aren  yang berasal dari tandan bunga jantan pohon kelapa dan aren Untuk membantu meningkatkan pendapatan maupun omset  masyarakat maupun penderes gula di pekon pamenang serta untuk meningkat kan daya jual dan daya tarik pembeli gula merah di lakukan perubahan bentuk kemasan serta membantu memperluas pangsa pasar melalaui market place online. Media soial adalah media di internet yang memungkinkan penggunanya mempresentasikan dirinya maupun berinterksi, bekerjasama, saling berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lainya, dan membentuk ikatan sosial secara Virtual. Media sosial bisa dijadikan sebuah pilihan untuk memasarkan sebuah poduk dengan biaya yang minim, namun dalam hal mempromsikan produk pada media sosial.
Pelaksanaan Monitoring Informasi Berbasis Mobile Service Pada Pekerja Migran Indonesia Di Balai Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur Tia Tanjung; Fenty Ariani; Lyse Nuriska
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.342 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.15

Abstract

Mobile Service merupakan satu sistem pendampingan dengan sistem jemput bola menuju langsung ke lokasi yang akan dikunjungi. Dengan tujuan menyampaikan informasi perihal istilah Pekerja Migran Indonesia. Dalam era yang semakin berkembang saat ini, masih banyak kekurangan dalam hal memberikan sosialisasi dan informasi. Sehingga masyarakat menjadi minim pengetahuan dan wawasan dengan era yang terus melaju pesat. Salah satu lokasi yang memiliki rata-rata jumlah pekerja migran Indonesia terbanyak adalah di Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur merupakan Desa yang sangat strategis dan memiliki Balai Desa yang cukup aktif dalam melaksanakan kegiatan Desa. Salah satunya dengan memantau keberadaan masyarakatnya yang bekerja di Luar Negeri. Memastikan bahwa keluarganya juga dalam keadaan yang baik dan aman. Dengan adanya mobile service ini, maka akan lebih mempermudah untuk menjangkau jaringan setiap masyarakatnya.
Pelatihan Bridging Data Untuk Meningkatkan Penguasaan Teknik Interopabilitas Pegawai IT di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung Ari Kurniawan; Robby Yuli Endra; Erlangga Erlangga; Yuthsi Aprilinda; Fenty Ariani
Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Publisher : Pusat Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.212 KB) | DOI: 10.36448/jpmtb.v1i1.16

Abstract

Sesuai aturan dari Permenkes 82 tahun 2013 pasal 5 ayat 3, SIMRS harus dapat mengkomunikasikan data (interopabilitas) dengan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah dan sistem informasi manajemen fasilitas layanan kesehatan lainnya. Dalam penguasaan teknis interopabilitas tentunya dibutuhkan kemampuan programming dan penguasaan pembuatan skema basis data serta pembuatan format data JSON, JSON (Javascript Object Notation) adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusa, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer, pelatihan ini diikuti oleh 5 pegawai IT Rumah Sakit Advent Bandar Lampung. Berdasarkan observasi dan informasi yang dilakukan dan diperoleh oleh Penulis, para pegawai IT Rumah Sakit Advent tersebut belum mengenal teknik interopabilty dan belum dapat membangun sistem yang dapat di komunikasikan dengan BPJS atau bridging data sistem yang dimana proses bridging tersebut wajib bagi rumah sakit yang bermitra dengan BPJS.