Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Nilai Pendidikan Karakter dalam Tembang Kinanthi, Sinom, dan Girisa pada Serat Wulangreh

Aris Wuryantoro (Universitas PGRI Madiun)
Rosita Ambarwati (Universitas PGRI Madiun)
Samsul Arifin (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Serat Wulangreh merupakan salah satu karya fenomenal dari Sri Susuhunan Pakubuwana IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai pendidikan karakter pada tembang Kinanthi, Sinom dan Girisa dalam Serat Wulangreh, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, sampel penelitian diambil masing-masing 5 gatra dari tembang Kinanthi, Sinom, dan Girisa dengan teknik purposive sampling, data dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tembang Kinanthi, Sinom dan Girisa dalam Serat Wulangreh banyak mengandung nilai pendidikan karakter, antara lain nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter dari ke tiga tembang tersebut didominasi oleh nilai menghargai prestasi. Peneliti menyimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter selaras dengan karakter atau sifat dari tiga tembang tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...