INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 2 (2023): JUNI 2023

MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER PADA PESERTA DIDIK

Setiawati (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Mutu pendidikan diperlukan terkait pada model pembelajaran yang autentik. Pembelajaran ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya peserta didik dalam mengoprasikan komputer dikarenakan kurangnya kemampuan metode pembelajaran yang diaplikasikannya. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik cara pemilihan preferensi bisa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang membantu peserta didik dalam mengoprasikan komputer dalam menggali pada pemahaman perkembangan ilmu, dan ketrampilan dalam kehidupan sehari-hari. Program penelitian yang diterapkan adalah kualitatif . Data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi. Melalui wawancara merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi proses pembuktian terhadap informasi atau keterangan yang telah diperoleh pada proses kegiatan atau sebelumnya. Berdasar hasil penelitian model pembelajaran Contextual peserta didik ada peningkatan dalam pengoprasian komputer. Melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual dalam pembelajaran komputer berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...