INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 2 (2023): JUNI 2023

ANALISIS TIPE BELAJAR STIMULUS RESPON LEARNING PADA SISWA BIMBANGAN BELAJAR

Lolitha Arum Permatasari (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Eka Octavia (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Divi Anatsa Putri (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Wiwit Tri Ambarwati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Sukma Dwi Anggraini (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Sabrina Yulian Nabila (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tipe belajar siswa. Deskripsi kualitatif adalah pengumpulan data sesuai dengan fakta lapangan, yang bertujuan untuk menafsirkan fenomena yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa bimbingan belajar dari 6 penulis. Waktu pengambilan data dilakukan selama kurang lebih 3 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung dengan cara mengamati, membagikan tes dan ikut membantu ketika proses belajar siswa. Untuk memperkuat data penelitian maka peneliti menggunakan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Setiap siswa memiliki tipe belajar yang berbeda-beda. Setaip siswa berbeda satu sama lain dalam tingkat kecerdasannya, minat, emosinya, serta pemikiran. Demikian pula dalam belajarnya, ada yang lamban dan ada yang cepat, ada yang mampu belajar sendiri dan ada pula yang berkelompok dan sebagainya. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menemukan bahwa 3 siswa dari 6 penulis mempunyai tipe belajar yang sama yaitu tipe belajar stimulus response learning yang mana dari tipe belajar ini siswa dapat belajar melalui asosiasi antara rangsangan atau stimulus tertentu dengan respons yang diinginkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...