INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 3 (2023): SEPTEMBER

PENINGKATAN KEMAMPUAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTINI DW UNHAS MAKASSAR

Maria Efrasi Tauran (Universitas Islam Makassar)
Badruddin Kaddas (Universitas Islam Makassar)
Abd. Hakim Naba (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Metode penelitian yang digunakan Kelas menggambarkan terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan pada penelitian menggunakan penilaian analisis deskripsi kualitatif. Penelitian Tindakan kelas menggunakan 2 siklus, siklus I menunjukkan observasi kemampuan bahasa anak memperoleh nilai 68,3. Pada siklus II observasi peserta didik memperoleh 84,1. Pada siklus I kemampuan bahasa anak masih kurang sehingga perlu adanya refleksi dan perbaikan pada siklus II. Dari hasil penelitian, adanya peningkatan presentase kemampuan bahasa anak yaitu pada siklus I sebanyak 66,6%, dan siklus II sebanyak 86,6 % sehingga tidak perlu dilaksanakan ke siklus berikutnya karena keterampilan berbicara anak sudah meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...