INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 3 (2023): SEPTEMBER

PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH JATIA KABUPATEN GOWA

Fatmawati (Universitas Islam Makassar)
Endang Ruswiyani (Universitas Islam Makassar)
Nasaruddin (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains melalui pendekatan konstruktivisme di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Jatia Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Jatia Kabupaten Gowa yang beralamatkan di Kabupaten Gowa. Penelitian ini teridiri dari beberapa tahap yang saling berkaitan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evakuasi serta refleksi. Pada penelitian ini dilakukan dalam Siklus I dan Siklus II yang berlangsung enam kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan eksperimen pencampuran warna sebagai tindakan yang diberikan guru dan peneliti pada peserta didik, dalam siklus I belum mengalami peningkatan. Namun pada siklus II peserta didik mengalami peningkatan pada kegiatan eksperimen pencampuran warna. Pada siklus I kemampuan sains pencampuran warna peserta didik berada pada kriteria mulai berkembang (MB) dengan persentase 41,59% dan pada siklus II kemampuan sains pencampuran warna peserta didik meningkat menjadi kriteria berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 77,75%. Pembelajaran dikatakan berhasil karena kemampuan sains pencampuran warna peserta didik meningkat lebih dari 70%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...