INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 3 (2023): SEPTEMBER

EFEKTIVITAS METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HARDIYANTI

Wanda (Universitas Islam Makassar)
Andi Rezky Nurhidaya (Universitas Islam Makassar)
Supriadi (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode proyek dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. Jenis penelitiannya adalah kualitatif. Penelitian ini berfokus pada keefektifan metode proyek dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dekumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengumpulkan data adalah pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan bahwa TK Hardiyanti telah menerapkan pembelajaran metode proyek dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak, penerapan pembelajaran metode proyek efektive di gunakan dalam mengembangkan kemampuan literasi pada anak usia dini yang dimana metode proyek melibatkan anak dalam proses memecahkan masalah baik secara individu maupun secara kelompok. Hal ini dapat mempengaruhi dan mengembangkan kemampuan literasi anak dalam mengenal angka dan huruf, kemampuan anak dalam memahami tugas yang diberikan guru, serta kemampuan anak dalam mengucapkan antara huruf dan pengucapannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...