INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 3 (2023): SEPTEMBER

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO ASSISTED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV DI UPT SPF SD NEGERI BADDOKA

Amelina (Universitas Islam Makassar)
Badruddin Kaddas (Universitas Islam Makassar)
Wahyullah Alannasir (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran menggunakan video assisted learning dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di kelas IV SD Negeri Baddoka. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Baddoka kota Makassar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research yang bersifat deskriftif yaitu penelitian yang menggambarkan data informasi yang berdasarkan kenyataan (fakta) yang diperoleh di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa SD Negeri Baddoka. Adapun sumber data terdiri dari informan utama dan pendukung. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan. uji keasbsahan data meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan video assisted learning dalam proses pembelajaran jarang digunakan karena beberapa kendala di antaranya jaringan wifi yang tidak stabil dan gangguan dari kelas lain jika bersamaan menggunakan pembelajaran berbasis video. Namun pada saat menggunakan video dalam proses pembelajaran kemampuan kognitif siswa meningkat dibandingkan jika tidak menggunakan media, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat. Selain itu kemampuan kognitif bukan hanya dipengaruhi oleh kreativitas guru tetapi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah faktor hereditas/keturunan, faktor lingkungan, faktor kematangan, faktor pembentukan, faktor minat dan bakat, faktor kebebasan, dan faktor gizi semasa masih dalam kandungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...