Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12, No 04 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran pada PTKIN Aceh

Aisyah Maawiyah (IAIN Lhokseumawe)
Syahrizal Syahrizal (Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi integrasi  nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan faktor pendukung serta penghambatnya dalam pembelajaran pada  jurusan PGMI PTKIN di Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian seluruh dosen pengampu mata kuliah ilmu pengetahuan umum berjumlah 13 orang, dengan rincian 7 orang Dosen PGMI, 3 orang Dekan FTIK dan 3 orang Ketua Prodi PGMI dari masing-masing PTKIN.  Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi di lokasi penelitian. Data dianalisis dengan metode reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi integrasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran jurusan PGMI PTKIN di Aceh yaitu; pembentukan ilmu nilai Akhlaq (Karakter, sikap, Peningkatan Nilai keimanan  (‘aqîdah), dan peningkatan pemahaman  nilai ibadah (hukum-hukum). Faktor pendukung implementasi integrasi Pendidikan agama Islam dalam pembelajaran jurusan PGMI di PTKIN di Aceh adalah kebijakan para pimpinan, kreativitas dosen, forum diskusi, lingkungan, dan letak kampus yang strategis.  Sementara faktor penghambatnya adalah  sumber daya dosen belum memadai, sistem akademik kampus, sarana dan prasarana, serta latar belakang siswa yang beragam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam - EI: adalah peer review jurnal nasional yang diterbitkan oleh Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor pada program studi Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini berfokus pada isu-isu pendidikan Islam. Kami mengundang ilmuwan, peneliti, serta ...