Indonesian Technology and Education Journal
Vol. 1 No. 1 (1): Volume 1 No. 1 Februari 2023

Pengembangan Metode Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa New Normal

Muhammad Ansarullah S. Tabbu (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Miftahurrahman Anwar (Universitas Negeri Makassar)
Kristian Unga (Universitas Negeri Makassar)
Rahmadani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

World Health Organization (WHO)  resmi menetapkan  penyakit novel corona virus dengan sebutan Corona virus Disease (COVID-19). Wabah virus corona juga sudah masuk ke Indonesia pada awal maret 2020. Virus corona masih terus menyebar di Indonesia hingga saat ini tercatat 132.816 kasus terkonfirmasi positif diantaranya 5.968 meninggal. Pandemi COVID-19 mempengaruhi berbagai bidang kehidupan termasuk pendidikan. Blended  Learning merupakan solusi pembelajaran diera digital karena akan meningkatkan keterampilan soft skill bagi siswa/mahasiswa. Media yang digunakan pada model blended learning ini adalah media elektronik (e-learning). Salah satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning) adalah pembelajaran berbasis web yang bisa diakses melalui jaringan internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pengembangan metode Blended Learning sebagai alternatif pembelajaran di Universitas Negeri Makassar di Masa New Normal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Universitas Negeri Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dengan jumlah responden 106 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning berjalan “Baik”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ITEJ

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

This journal publishes research articles on various innovations in education and technology that are interesting and have an impact on the development of education and technology. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to technology development ...