SWADIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 1, No 02 (2023): SWADIMAS EDISI JULI 2023

PENGENALAN APLIKASI GREENFOOT UNTUK PENGEMBANGAN GAME STUDI KASUS SMK AN-NUR DEPOK

Agustinus Rio Trilaksono (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)
Heru Winarno (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)
Satrio Broto (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)
Dartono Dartono (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)
Taufiqurrochman Taufiqurrochman (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Community service activities are activities that include efforts to improve the quality of human resources, among others in terms of broadening insight, knowledge and increasing skills carried out by academic activities for the realization of dharma devotion and a form of concern to play an active role in improving welfare and empowering the wider community, especially for students PPLG An-Nur Depok. The lack of understanding of PPLG An-Nur Depok students about how to make Java-based games using the greenfoot application can be constrained in learning at the An-Nur Depok school which is expected to minimize the understanding of game making. With these community service activities can provide solutions for PPLG students An-Nur in overcoming the programming process in making a game from the Greenfoot application. The output target of this community service is to be published in a national journal, besides that the hope is to add insight to PPLG An-Nur Depok students who are capable in the field of game creation, especially programming The activity plan that will be carried out in this community service activity is to conduct an introduction to programming education to PPLG An-Nur students directly, and also directly provide practice on the flow process of making games with the greenfoot application.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan mencakup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh aktifitas Tim Pelaksana Kegiatan demi terwujudnya dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat luas terlebih bagi siswa PPLG An-Nur Depok. Kurangnya pemahaman Siswa PPLG An-Nur Depok tentang cara pembuatan game berbasis Java dengan menggunakan aplikasi greenfoot bisa terkendala dalam pembelajaran di sekolah An-Nur Depok tersebut yang diharapkan dapat meminimalisir terhadap pemahaman pembuatan game. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dapat memberikan solusi bagi siswa PPLG An-Nur dalam mengatasi proses pemrograman dalam membuat sebuah game dari aplikasi Greenfoot tersebut. Target luaran dari pengabdian kepada masyarakat tersebut yaitu dapat dipublikasikan dalam jurnal nasional, selain itu harapannya adalah menambah wawasan bagi siswa PPLG An-Nur Depok berkemampuan dalam bidang pembuatan game khususnya programming.Rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pengenalan edukasi programming kepada siswa PPLG An-Nur secara langsung, dan juga langsung memberikan praktek tentang proses flow membuat game dengan aplikasi greenfoot.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

swadimas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Fokus utama pada lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain kegiatan pelatihan, Teknologi Tepat Guna (TTG), pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, ...