Jurnal Bahusacca
Vol. 1 No. 1 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Dan Gaya Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri

Sutiah Sutiah (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Mujiyanto Mujiyanto (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Ngadat Ngadat (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh beasiswa bidikmisi terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beasiswa bidikmisi dan gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah 136 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dari mahasiswa semester 4-8. Teknik dan istrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan pada analisis data menggunakan Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh beasiswa bidikmisi terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri sebesar 0,127. Pengaruh gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri sebesar 0,131. Sedangkan pengaruh beasiswa bidikmisi dan gaya mengajar dosen secara simultan terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri sebesar 45,168. Kata kunci: beasiswa bidikmisi, gaya mengajar dosen , motivasi belajar. ABSTRACT The aims of this research are: (1) To find out how much the influences of Bidikmisi scholarship to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya; and (2) To find out how much the influences of lecturers’ teaching style to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. And (3) to find out how many the influences of Bidikmisi scholarship and lecturer’s teaching style to students learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. This study was a quantitative study through an ex post facto. The sampling technique through Simple Random Sampling. The populations of this study were 136 students, all of students are have Bidikmisi scholarship; they are students in 4-8 term. Data collection technique use questionnaires. The techniques of analysis data was use linear regression. Based on the result and data analysis show that: there are influences of Bidikmisi scholarship to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri is 0,127. The influence of Lecturers’ teaching style to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri is 0,131. Beside that the influences of Bidikmisi Scholarship and lecturers’ teaching style to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya is 45.168. Keywords: Bidikmisi scholarship, lecturers’ teaching style, learning motivation.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...