Communication Student Journal
Vol 1, No 1 (2023): Mei 2023

Strategi content marketing Sociolla pada situs web Beauty Journal

Noorathasia Noorathasia (Universitas Padjadjaran)
Meria Octavianti (Universitas Padjadjaran)
Detta Rahmawan (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Latar belakang: Di era digital banyak perusahaan lokapasar (e-commerce) yang berbasis teknologi dengan ritel produk kecantikan dan perawatan tubuh, salah satunya adalah perusahaan Sociolla. Banyaknya lokapasar mendorong Sociolla kemudian melakukan integrasi dengan Beauty Journal yaitu sebuah media yang berisi wadah informasi tentang produk-produk kecantikan yang mendorong eksistensi Sociolla untuk muncul di mesin pencarian dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Tujuan: Peneliti bermaksud mengetahui strategi konten marketing Sociolla dalam web Beauty Journal. Metode: Dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan metode observasi, peneliti mewawancarai tujuh informan yang sudah berkecimpung di dalam perusahaan Sociolla lebih dari satu tahun, dan pemilihan informan ini didasari dengan teknik purposive sampling. Hasil: Melalui model analisis data dari Miles dan Huberman, hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konten marketing yang dilakukan oleh Sociolla terdiri dari tujuh tahap, yaitu: 1) menetapkan tujuan konten dan audiens yang menjadi target marketing; 2) melakukan brainstorming; 3) membuat konten berdasarkan tujuan dan target audiens; 4) melakukan publikasi konten; 5) evaluasi konten; dan 6) melakukan boost content atau promosi konten seperti melakukan iklan atau kembali menayangkan di media sosial lainnya. Namun hal yang perlu diperhatikan dari konten Sociolla, Beauty Journal perlu mengurangi intensitas unggahan konten tulisan yang bertemakan lifestyle dengan topik yang terlalu jauh dengan fokus pembahasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

comdent

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Comdent: Communication Student Journal is a peer-reviewed academic journal published by the Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran. Comdent: Communication Student Journal publishes twice a year (May-October and November-April). Each edition received the article that will be ...