Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation
Vol 2, No 1 (2023)

Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran

Nanang Gustri Ramdani (Universitas Alma Ata Yogyakarta - UAA)
Nisa Fauziyyah (Universitas Alma Ata Yogyakarta - UAA)
Riqotul Fuadah (Universitas Alma Ata Yogyakarta - UAA)
Soleh Rudiyono (Universitas Alma Ata Yogyakarta - UAA)
Yayang Alistin Septiyaningrum (Universitas Alma Ata Yogyakarta - UAA)
Nur Salamatussa'adah (Universitas Alma Ata Yogyakarta - UAA)
Aida Hayani (Universitas Alma Ata Yogyakarta - UAA)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh komponen pendidikan untuk meningkatkan potensi peserta didik dengan berbagai cara. Pendekatan dapat diartikan sebagai sudut pandang terhadap suatu proses pembelajaran yang memiliki beberapa macam, jenis, dan cara implementasi. Strategi pembelajaran adalah seni penggunaan rencana untuk mencapai tujuan pembelajaran terdiri dari metode dan teknik atau prosedur. Dalam strategi terdapat beberapa komponen pembelajaran dan beberapa unsur yang harus dipenuhi. Sedangkan metode merupakan cara untuk mencapai tujuan pendidikan. Metode pembelajaran dapat dilaksanakan dengan ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, eksperimen, resitasi dan karya wisata. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki disetiap metode.Kata Kunci: Pendidikan, Pendekatan, Strategi, Metode.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJEETI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope 1. Innovation of Curriculum, 2. Instructional Design, 3. Learning Styles, 4. Learning and Teaching, 5. Media Development, 6. Teaching Methods and Strategies, 7. Developing Teaching Materials, and 8. Developing Learning Evaluation Peer Review Process Review Policy of IJEETI Every ...