Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2022)

Mendukung Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng di Masa Belajar dari Rumah

Putu Emy Suryanti (UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
Kadek Bayu Indrayasa (STAHN Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Mendongeng adalah proses kreatif anak-anak. Dalam proses perkembangannya, dongeng selalu mengaktifkan tidak hanya aspek intelektual, tetapi juga aspek kepekaan, kehalusan pikiran, emosi, seni, fantasi, dan imajinasi, tidak hanya mengutamakan otak kiri, tetapi juga otak kanan. Jika kita mengetahui manfaat mendongeng bagi anak, kita pasti akan menghabiskan waktu di tengah kesibukan pekerjaan, kita akan menyisihkan tenaga di tengah penatnya aktivitas sepanjang hari, untuk bisa bercerita yang bermakna bagi anak kita. . Karantina mandiri di masa pandemi virus corona membuat peran orang tua semakin beragam, mulai dari guru hingga bermain bersama anak. Namun saat ini, orang tua bisa mempererat 'bonding' atau ikatan dengan anaknya. Mendongeng dipandang memiliki beberapa kaitan dengan perkembangan anak usia dini. Hal inilah yang menjadikan mendongeng sebagai salah satu pola pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...