JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 1 No. 1 (2017): Desember

STUDI TENTANG HUBUNGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF DAN EMPATI ANAK USIA DINI

Mudafiatun Isriyah (IKIP PGRI JEMBER)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Merubah sikap perilaku agresif anak usia dini dan mengembangkan rasa empati anak merupakan usaha yang harus terus dilaksanakan oleh pendidik. Anak-anak memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyesuaikan tingkah lakunya dengan apa yang diamati di sekitarnya. Video pembelajaranbagi anak adalah sesuatu yang menyenangkan, merupakan kegiatan bermain ketika anak sedang menerima pembelajaran di kelas dan satu-satunya motif tujuan ini untuk mengembangkan pencapaian perkembangan terutama pada sosial emosional anak yang memiliki perilaku agresif dan menumbuhkan sikap empati sejak dini. Penelitian ini dilakukan pada PAUD di wilayah gugus 7 kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jumlah anak berusia 5-6 tahun di gugus 7 sebanyak 118 anak. Desain penelitian menggunakan penelitian eksprimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Deskripsi data disajikan berupa data distribusi hasil kegiatan pemberian video pembelajaran dengan penerapan pemberian video pembelajaran. Hasil belajar perilaku agresif dan sikap empati: a) Diketahui hipotesis penelitian: Ho = tidak ada pengaruh perbedaan yang signifikan pada Hasil kegiatan Pemberian video pembelajaran antara perilaku agresif dan sikap empati. H1 = ada pengaruh perbedaan yang signifikan pada hasil kegiatan pemberian video pembelajaran antara perilaku agresif dan sikap empati. b) Hasil perhitungan uji mann whitney(z score) sebesar -6,546 dengan nilai sig.(p) = 0.000. c) Kesimpulan: nilai sig.(p) t hitung (0.000) < 0.05 maka H1 diterima bahwa ada pengaruh perbedaan yang signifikan pada hasil kegiatan pemberian video pembelajaran antara perilaku agresif dan sikap empati (menggunakan metode pemberian video pembelajaran).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...