Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan merupakan kekuatan penting dalam pengelolaan organisasi, kemampuan memimpin secara efektif merupakan kunci keberhasilan dari suatu organisasi yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi dan misi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program-program sekolah yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner terhadap quality assurance suatu lembaga pendidikan, dikarenakan sebagai pemimpin di lembaganya harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Metode Penelitian yang digunakan peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil Penelitian diperoleh bahwa nilai dari Pearson Correlation untuk Persampahan (%) sebesar 1, artinya adalah hubungan antara quality assurance sangat berpengaruh untuk menumbuhkan kepemimpinan Visioner. Dalam proses menjalankan tugas kepemimpinanya, terkait dengan mutu sekolah, kepala sekolah berpedoman pada quality assurance agar mampu untuk pengembangan proses pendidikan sesuai dengan standar proses yang telah disepakati.
Copyrights © 2023