Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 5 No 2 (2023): Oxygenius : Journal Of Chemistry Education

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Etnosains Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Tahuna

Dewi Indriyany Manangkoda (Unknown)
Emma Julin Pongoh (Unknown)
Rymond Jusuf Rumampuk (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan etnosains. Terdapat beberapa hal yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran kimia yang kemudian membuat hasil belajar siswa kurang memuaskan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus, pada siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dan disiklus II dilaksnakan dua kali pertemuan. Masing-masing siklus pada penelitian ini terdiri dari: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa model pembelajaran PBL dengan pendekatan etnosains dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari presentase hasil belajar siswa yang meningkat dari 74% pada siklus I yang selanjutnya meningkat menjadi 96% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...