Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 5 No 2 (2023): Oxygenius : Journal Of Chemistry Education

Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan Pendekatan Multiple Intelligence Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa

Adelin Ansyu (Unknown)
Marlina Karundeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa setelah penerapan Model Pembelajaran POGIL dengan Pendekatan Multiple Intelligence Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode pra eksperimen dengan desain one case study. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Tompaso pada tahun ajaran 2022/2023 sebagai kelas eksperimen yang erjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yaitu posttest setelah melaksanakan proses pembelajaran. Data hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa (posttest) adalah 81,89. Sebelum dilakukan uji one sample t test terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan didapatkan data berdistribusi normal. Hasil uji t yang diperoleh yaitu thitung = 2,138 > ttabel = 1,717, dengan taraf siginikan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan setelah diterapkannya model pembelajaran POGIL dengan Pendekatan Multiple Intelligence.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...