Fokus Abdimas
Vol 1, No 2: APRIL 2023

EDUKASI DIGITAL MARKETING UNTUK PELAKU UMKM DESA SAMBONG

Ratna Suryani (STIE Tamansiswa Banjarnegara)
Lustono Lustono (STIE Tamansiswa Banjarnegara)
Siti Maesaroh (STIE Tamansiswa Banjarnegara)
Andi Wahyu Saputra (STIE Tamansiswa Banjarnegara)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi berupa pengetahuan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM tentang cara meningkatkan pendapatan melalui digital marketing di Desa Sambong, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Masing-masing pelaku UMKM di Desa Sambong selama ini menjual barang dagangannya secara langsung kepada konsumen, terlebih pada saat pandemi Covid-19, mereka hanya bisa menjual produknya di lingkup desa sekitar saja. Sehingga pendapatan mengalami penurunan. Pelaksanaan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM dalam bidang pemasaran produk secara digital guna menaikkan pendapatan sehingga taraf hidup keluarga semakin sejahtera. Peserta memperoleh pemahaman tentang cara memanfaatkan handphone sebagai alat berdagang di dunia digital. Mereka didampingi dalam pembuatan akun media sosial serta cara pemasarannya di dunia digital. Pengabdian dilaksanakan dengan metode ceramah, simulasi, dan pendampingan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang diberikan.Kata kunci: edukasi digital marketing, pelaku UMKM, peningkatan pendapatan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Fokus ABDIMAS (Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat) diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Nusantara mempunyai ruang lingkup pada bidang Akuntansi dan Manajemen yang berfokus pada: Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal Pengelolaan wilayah pedesaan berkearifan lokal ...