Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pengetahuan siswa akan materi pembelajaran mengenai istilah informatika, Seperti dalam proses pembelajaran dimana siswa sulit memahami istilah informatika karena mereka harus mencari istilah pada buku cetak konvensional maupun internet dimana data istilah masih tersusun secara acak dan terpisah-pisah. Untuk membantu pembelajaran lebih efektif dan memudahkan siswa dalam memahami istilah informatika, penulis mengusungkan ide untuk membuat sebuah aplikasi e-dictionary istilah informatika (e-distifor). Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Sedangkan untuk metode analisis menggunakan metode PIECES. Hasil akhir produk ini nanti akan diuji dan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi e-distifor yang sudah dapat dijalankan di smartphone dan PC, hasil uji kelayakan yang diperoleh dari validasi oleh para ahli media sebesar 81,5% dan ahli materi sebesar 87,5% bahwa aplikasi e-distifor layak dijadikan sebagai metode pembelajaran efektif sehingga mampu membantu proses belajar siswa.
Copyrights © 2020