cover
Contact Name
Andi Priyolistiyanto
Contact Email
jipetik@upgris.ac.id
Phone
+62895375541100
Journal Mail Official
jipetik@upgris.ac.id
Editorial Address
Gedung Utama, Kampus UPGRIS Jalan Lontar No. 1, Kota Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer
ISSN : -     EISSN : 2722953X     DOI : -
Core Subject : Science,
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer , ISSN 2722-953X (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka di bidang Teknologi Informasi & Komputer. Jipetik ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Articles 60 Documents
PENGEMBANGAN APLIKASI LAYANAN GURU PRIVAT (GOTEACHER) BERBASIS ANDROID Ilmam Nurrohim; Ali Shodiqin; Andi Priyolistiyanto
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 1, No 2 (2020): JIPETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang efektifnya pelayanan administrasi yang digunakan dengan cara konvensional, seperti pendaftaran les privat dimana siswa harus datang ke kantor administrasi les privat, kurangnya informasi mengenai kualifikasi dari guru privat. Untuk lebih mengefisiensikan dan memudahkan siswa serta orang tua siswa dalam mencari guru privat, penulis mengusungkan ide untuk membuat sebuah aplikasi layanan guru privat(GoTeacher). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterfall, yang mana tahapannya meliputi: tahap Communication, Planning, Modelling, Contruction dan Deployment dengan desain sistem meliputi: perancangan Diagram Context, Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, Database. Kemudian diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman java menggunakan Android Studio dan menggunakan Firebase sebagai database. Telah dihasilkan Aplikasi Goteacher. Pengujuan aplikasi ini menggunakan blackbox melalui validasi ahli sistem informasi, uji angket user acceptance test/uji praktikalitas. Hasil pengujian praktikalitas memperoleh hasil 83% menunjukkan kategori praktis, sedangkan hasil pengujian praktikalitas oleh pengguna memperoleh hasil 87% menunjukkan kategori sangat praktis.
RANCANG BANGUN MEDIA PENGENALAN ALAT LABORATORUM KIMIA BERBASIS MOBILE AUGMENTED REALITY Dika Kurnia Pradana; Supandi Supandi; Theodora Indriati Wardani
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 3, No 2 (2022): JIPETIK: Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dibelakangi oleh minimnya fasilitas laboratorioum IPA (Biologi, Fisika maupun kimia) di SMK Perdana Semarang. Upaya untuk permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan media pengenalan alat laboratorium kimia berbasis mobile augmented reality yang dapat digunakan dengan smartphone android maupun ios, sehingga siswa dapat mengetahui alat-alat apa saja yang biasanya digunakan ketika sedang praktikum kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Perdana Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Model pengembangan aplikasi yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Untuk menguji kelayakan aplikasi media pengenalan alat laboratorium yang telah dihasilkan dilakukan pengujian kelayakan oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan respon pengguna yang dilakukan oleh siswa kelas X Akuntansi dan X Multimedia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengisian angket penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi media pengenalan alat laboratorium kimia yang dihasilkan dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini diketahui melalui perhitungan persentase kelayakan sebesar 93,21% sehingga aplikasi media pengenalan alat laboratorium kimia yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pengenalan dalam pembelajaran siswa.
PENGEMBANGAN APLIKASI E-DICTIONARY ISTILAH INFORMATIKA (EDISTIFOR) MENGGUNAKAN METODE PIECES (PERFOMANCE, INFORMATION, ECONOMY, CONTROL, EFICIENCY, DAN SERVICE) BERBASIS ANDROID Ulfa Sofiyana; Ali Shodiqin; Andi Priyolistiyanto
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 1, No 1 (2020): JIPETIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pengetahuan siswa akan materi pembelajaran mengenai istilah informatika, Seperti dalam proses pembelajaran dimana siswa sulit memahami istilah informatika karena mereka harus mencari istilah pada buku cetak konvensional maupun internet dimana data istilah masih tersusun secara acak dan terpisah-pisah. Untuk membantu pembelajaran lebih efektif dan memudahkan siswa dalam memahami istilah informatika, penulis mengusungkan ide untuk membuat sebuah aplikasi e-dictionary istilah informatika (e-distifor). Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Sedangkan untuk metode analisis menggunakan metode PIECES. Hasil akhir produk ini nanti akan diuji dan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi e-distifor yang sudah dapat dijalankan di smartphone dan PC, hasil uji kelayakan yang diperoleh dari validasi oleh para ahli media sebesar 81,5% dan ahli materi sebesar 87,5% bahwa aplikasi e-distifor layak dijadikan sebagai metode pembelajaran efektif sehingga mampu membantu proses belajar siswa.
E-Schedule Agenda Kegiatan Pegawai Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Semarang Berbasis Web Eka Sri Wahyuningsih; Nur Khoiri; Wijayanto Wijayanto
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 3, No 1 (2022): JIPETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Dinas  Pengendalian  Penduduk  dan  Keluarga  Berencana  Kota  Semarang  memilili berbagai bidang yaitu bidang pengendalian penduduk, bidang keluarga berencana, bidang penyuluhan dan penggerakan, bidang ketahanan kesejahteraan keluarga. Setiap bidang memiliki tugas  dan  kegiatan  yang berbeda-beda.  Dalam  penyusunan  agenda kegiatan  disetiap  bidang biasanya masih menggunakan cara manual, yaitu dengan cara diketik biasa melalui laptop/komputer kemudian dicetak. Jadwal kegiatan tersebut lalu disimpan oleh bagian arsip data disetiap bidang. Karena penyimpanan dan penginputan jadwal kegiatan masih manual sehingga sering terjadi hilangnya arsip jadwal kegiatan tersebut. Oleh karena itu perlu diatasi dengan membuat website khusus jadwal agenda kegiatan kantor. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat website e-schedule agenda kegiatan untuk media penyimpanan jadwal kegiatan supaya lebih terstruktur.   Model pengembangan yang digunakan untuk website ini adalah model pengembangan waterfall. Model Waterfall dapat digunakan untuk bentuk pengembangan website yaitu (1) analysis, (2) desaign, (3) coding, (4) testing dan (5) Maintenance. Desain system dalam pembuatan meliputi pembuatan flowchart, use case diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Kemudian diimplementasikan dalam bahasa pemograman PHP, Code Igniter, HTML, CSS dengan menggunkan data base MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validasi ahli dengan menggunakan skala Likert didapatkan hasil rata – rata oleh  tiga validator ahli materi sebesar   99%, 100% dan 75%, sehingga rata – rata dari ke tiga validator dapat dinyatakan layak digunakan. Kemudian penilaian dari responden menggunakan skala Guttman, memperoleh hasil rata – rata sebesar 99% dan dinyatakan layak digunakan.Kata Kunci : website, jadwal, Waterfall,  PHP, Code Igniter, HTML, CSS,MySql
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PESERTA MAGANG MENGGUNAKAN METODE “SIMPLE MULTIPLE ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE Raden Risda Anom Rahino; Rokhimatul Wakhidah; Yuri Ariyanto
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 4, No 2 (2023): JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode Simple Multiple Attribute Rating Technique merupakan sistem pendukung keputusan yang digunakan dalam menentukan beberapa kriteria, dengan menentukan bobot dengan kriteria terpenting sampai dengan kriteria terendah, para pengambil keputusan dapat mengambil atau menyeleksi beberapa kriteria alternatif, dengan begitu metode Simple Multiple Attribute Rating Technique dapat membantu para pengambil keputusan dalam menyeleksi bebrapa kriteria alternatif. Implementasi Metode Simple Multiple Attribute Rating Technique banyak sekali digunakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa, peserta didik, membeli produk, memilih barang dan lain sebagainya.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS DARING MATERI LISTRIK STATIS BAGI SISWA KELAS IX Andi Priyolistiyanto; Sri Handayani
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 2, No 1 (2021): JIPETIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masa pandemi covid 19 menjadikan guru terus berinovasi dan kreatif dalam membuat media ajar yang menarik bagi anak didiknya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam pembelajaran secara daring sebagai kebijakan yang ditempuh pemerintah melalui dinas pendidikan dan dinas terkait lainya.Media pembelajaran yang kekinian dan menarik bagi siswa menjadi salah satu upaya dari guru dalam rangka menjadikan pembelajaran daring lebih efektif selama proses pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Gunungwungkal pada tahun ajaran 2020/2021. Model pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall. Untuk menguji kelayakan aplikasi media pembelajaran listrik statis yang telah dihasilkan dilakukan pengujian kelayakan dan efektivitas oleh pihak validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan respon pengguna yang dilakukan oleh siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengisian angket penilaian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media  pemebelaran listrik statis  yang dihasilkan dapat dikatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran daring. Hal ini diketahui melalui perhitungan persentase kelayakan sebesar 87,26% dan persentase efektivitas sebesar 80% sehingga aplikasi media pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan kriteria kelayakan dan efektivitas yang telah ditentukan.
SISTEM INFORMASI BIMBINGAN BELAJAR MASUK PERGURUAN TINGGI KEDINASAN “SIPINTAR” Rizky Indah Purwaningtyas; Sudargo Sudargo; Ika Menarianti
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 4, No 1 (2023): JIPETIK: Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelilitian dilatar belakangi karena masih banyak siswa SMA yang kurang memahami persiapan pendaftaran perguruan tinggi kedinasan. Baik dalam materi yang perlu dipelajari, berkas yang perlu dipersiapkan, dan olahraga yang perlu berhati-hati dengan mengikuti kegiatan web seminar (webinar). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Sistem Informasi Bimbingan Belajar Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan “SIPINTAR”. SIPINTAR dirancang menggunakan software Mit App Inventor dan Canva . Metode yang dipakai dalam penelitian adalah Research and Development sedangkan model pengembangannya menggunakan Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ).Responden pengguna adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Institut Indonesia Kota Semarang. Pengolahan data diambil dari hasil validasi ahli media dan materi serta angket yang dibagikan kepada pengguna dengan Skala Likert. Validasi ahli materi tidak dilakukan karena informasi diambil dari instansi resmi web, serta materi file dan soal sudah diasumsikan memenuhi kriteria tes yang baik. Sedangkan hasil validasi ahli media oleh dua dosen Universitas PGRI Semarang didapat proporsi skor sebesar 91,665% yang mana dapat dikatakan layak untuk digunakan dengan catatan harus direvisi terlebih dahulu bagian webinar sebelum diujicobakan kepada pengguna. Kemudian pengujian dilakukan kepada 22 responden pengguna didapat hasil proporsi skor sebesar 70,11% layak untuk digunakan.Kata Kunci : Sistem Informasi, Bimbingan Belajar, Perguruan Tinggi Kedinasan.
BRANKAS SYSTEM USING ANDROID BASED BARCODE SCANNER Agus Ismangil; Mulyati Mulyati; Erniyati Erniyati
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 1, No 2 (2020): JIPETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The use of a barcode scanner system on Android is applied to facilitate the user or users in accessing a system where in this system the barcode scanner serves as the initial key to accessing a safe. Research and evaluation results show that the use of QR Code (Quick Respone Code) can store numeric data types up to 7,089 characters, alphanumeric data up to 4,296 characters, binary codes up to 2,844 bytes and kanji letters up to 1,817 characters. QR Code is also resistant to damage, because QR can correct errors up to 30%, so the use of QR Code on a system can increase the speed of work and accuracy of detection on the system.
ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS BESAR DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Sunan Baedowi; Ika Menarianti
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 1, No 2 (2020): JIPETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai melalui pada penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana literasi digital pada mata kuliah pendidikan agama islam  kelas besar di Universitas PGRI Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Subyek penelitian ini adalah 109 mahasiswa semester 2 yang sedang menempuh mata kuliah pendidikan agama islam. Instrumen yang digunakan adalah respon mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pendidikan agama islam.Literasi digital pada mata kuliah pendidikan agama islam  kelas besar di Universitas PGRI Semarang berjalan dengan baik. Proses yang dilaksanakan telah sesuai dengan gerakan literasi sekolah dari tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan whatsapp. Pembelajaran daring yang dilaksanakan pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam berbantuan berbasis whatsapp dapat berjalan dengan baik dengan alur pembelajaran daring menurut Salmon. Kendala yang dialami dalam pembelajaran daring ini adalah ada beberapa mahasiswa yang lokasinya berada di daerah pedesaan yang susah sinyal sehingga kesulitan saat berinteraksi asinkronous.
Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Android Pada Laundry Express Reni Widyastuti; Zidanne Zulkifli Fahri Lubis
JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer Vol 3, No 1 (2022): JIPETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi & Komputer
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laundry Express is a business unit that provides washing and drying services for fabrics such as clothes, bed linen, curtains and others with the Jabotabek area of operation. This laundry service is provided to consumers in the form of washing services consisting of ironing and dry cleaning as well as laundry pick-up and drop-off services by couriers. Currently services at Laundry Express are carried out conventionally where all recording and reports are done manually so that problems occur such as shipping transaction records and laundry services that are lost or forgotten to be recorded so that Laundry Express consumers complain as a result of not optimal service and the difficulty of making a recap of the reports provided. for laundry owners. The author in this study designed a system that functions to overcome the problems of Laundry Express services by using an object-oriented approach where the waterfall is a system development method. System depiction with UML using the Java programming language and an android-based editor, namely Android Studio, which functions to build applications provided that users can use it with a minimum requirement of Android 5.0 lollipop version. This research is a solution for Laundry Express for better service by providing easy access to data, fast and accurate transactions and report generation