Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang bertitik tolak pada hal-hal yang real atau nyata bagi peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang diberikan sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Pembelajaran yang diberikan berdasarkan hal-hal yang nyata bagi peserta didik sehingga akan memberikan dampak kepada pembelajaran yang dilakukan salah satunya terhadap hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian yang telah dilakukan sebelumnya banyak penelitian yang mengatakan dalam tulisannya mengenai kejenuhan peserta didik dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga dibutuhkan pembaruan dalam pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik salah satunya dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendikia dan studi dokumentasi di perpustakaan. Dari hasil penelitian 25 artikel yang relevan menunjukkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika di Sekolah Dasar
Copyrights © 2020