JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengaruh Gaya Pengasuhan Otoriter terhadap Perolehan Theory Of Mind pada Anak Usia 3-5 Tahun

Ichwanil Hasanah (Psikologi, Universitas Negeri Padang)
Devi Rusli (Psikologi, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya pengasuhan otoriter terhadap perolehan theory of mind pada anak usia 3-5 tahun. Theory of mind (ToM) diartikan sebagai kemampuan anak dalam memahami mental states seseorang, yang terdiri dari niat, emosi, keinginan, dan pengetahuan. Pengambilan data dilakukan kepada 80 anak dengan usia 3 hingga 5 tahun di Sumatera Barat. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan pengambilan data melalui kuesioner untuk subjek pengasuh anak, dan tes yang disertai kuesioner untuk subjek anak. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa gaya pengasuhan otoriter secara signifikan tidak mempengaruhi ToM anak. Hasil penelitian juga menemukan bahwa gaya pengasuhan otoriter tidak mempenagruhi masing-masing konsep ToM

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...