Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word cards sebagai media terhadap penguasaan kosakata siswa pada siswa kelas tujuh SMP Swasta Teladan Pematang Siantar. Desain penelitian adalah kuasi eksperimen kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Swasta Teladan Pematang Siantar (75 siswa) dan diambil sampel sebanyak 50 orang. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan diajarkan dengan menggunakan metode yang berbeda. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan word cards sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Kelompok eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 25 siswa. Data diambil dari tes kosakata (pre-test dan post-test) dalam bentuk pilihan ganda (20 soal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen pada pre-test adalah 47,20 dan post-test adalah 75,60. Sementara itu, nilai rata-rata kelompok kontrol pada pre-test adalah 37,20 dan post-test adalah 60,20. Penelitian ini juga menemukan bahwa T-hitung lebih tinggi dari T-tabel (3,7 > 1,677) pada taraf signifikansi 5%. Artinya, word cards sebagai media mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa di kelas tujuh SMP Teladan Pematang Siantar.
Copyrights © 2023