Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui peran pemangku kepentingan dalam konten tiktok @pandawaragroup sebagai pengelola pariwisata; 2) tata kelola kolaboratif pembersihan sampah dan pengembangan pariwisata dalam konten edukasi tiktok @pandawaragroup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah konten edukasi tiktok @pandawaragroup. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa pengamatan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan kawasan wisata dalam konten edukasi tiktok @pandawaragroup di beberapa Kawasan yang memprihatinkan membutuhkan masyarakat sebagai subjek utama dalam pengelolaan pariwisata dan elemen pemerintah dalam menyokong potensi pengembangan paiwisata; (2) Dalam kolaborasi ini, pandawara dan pemerintah setempat mengambil tindakan untuk membersihkan area yang kotor dan menyediakan peralatan yang diperlukan. Pandawara berhasil menerapkan strategi komunikasi efektif melalui media untuk menyampaikan pesan guna meningkatkan kesadaran lingkungan kepada masyarakat. Dengan terus memperkuat kolaborasi ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan untuk pengembangan pariwisata.
Copyrights © 2023