Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peran Guru Dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di SD Negeri 161 Pekanbaru

Putri Anisyah (Universitas Islam Riau)
Febrina Dafit (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Setelah pandemi SD Negeri 161 Pekanbaru kembali menggiatkan pelaksanaan gerakan literasi sekolah dan dalam pelaksanaannya membutuhkan peran dari guru agar gerakan literasi sekolah di SD Negeri 161 Pekanbaru dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Negeri 161 Pekanbaru. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 161 Pekanbaru yaitu : guru berperan aktif dalam tim literasi sekolah, mengembangkan lingkungan kaya teks, mengembangkan lingkungan sosial dan afektif, mengembangkan lingkungan akademik yang literat. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 161 Pekanbaru diantaranya : sarana dan prasarana, dukungan kepala sekolah, panduan gerakan literasi dari kemendikbud, dan guru sebagai teladan. Banyak sekali dampak positif yang dirasakan dari program Gerakan Literasi Sekolah yang telah dilaksanakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...