JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kota Padang

Amelia Faradilla (Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Melva Zainil (Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Cici Sumiati (SD Negeri 20 Indarung)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penyajian data menggunakan model PJBL di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 20 Indarung,yang berjumlah 28 siswa. Data penelitian ini berupa hasil observasi dan Lembar Kerja Project (LKP). Dengan penilaian pada langkah-langkah pembelajaran menggunakan model PJBL. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada perencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PjBLyaitu pada siklus I memperoleh persentase 78,5% meningkat pada siklus II menjadi 92,9% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 14,4%. Peningkatan juga terjadi pada pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model PjBL baik dari aspek guru maupun siswa.pada aspek guru pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model PjBL mengalami peningkatan dari 75% menjadi 87,5% hal ini menandakan adanya peningkatan dari siklus I sebesar 12,5%. Dari aspek siswa pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model PjBL mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata yang didapat siswa adalah 70,1 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus 2 menjadi 95,8dengan kualifikasi sangat baik. Peningkatan juga terlihat dari hasil belajar siswa menggunakan model PjBL yaitu pada siklus I rata-rata yang didapat siswa 62,75 meningkat menjadi 91,07.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar penyajian data siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...